JPO Alun-alun Banyak Kotoran Manusia, DLH Kota Malang Bereaksi Cepat

Apr 19, 2022 11:15
Kondisi JPO usai dibersihkan DLH Kota Malang (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)
Kondisi JPO usai dibersihkan DLH Kota Malang (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang bergerak cepat atas laporan masyarakat yang mengeluh terkait kotoran manusia yang berada di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Alun-alun Merdeka Kota Malang.

Mulanya, temuan banyak kotoran manusia di JPO itu pertama kali diunggah melalui sebuah video di akun Instagram bernama @terangmedia pada Minggu (18/4/2022).

Dalam hal ini, Kepala DLH Kota Malang Wahyu Setianto langsung responsif untuk menuntaskan keluhan masyarakat. Pihaknya langsung menerjunkan tim untuk membersihkan kotoran manusia tersebut.

“Petugas sudah dikerahkan untuk membersihkan JPO itu pakai mobil tangki air,” ujar Wahyu Setianto, Selasa (19/4/2022).

Wahyu menerangkan sebenarnya penanganan terkait JPO merupakan wewenang Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang. Namun sikap responsif membuat pihaknya tak ingin masyarakat ada keluhan, terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri 2022.

“Ya karena terlanjur kotor jadi langsung kami lakukan pembersihan,” tutur Wahyu.

Terpisah, Kepala Dishub Kota Malang Heru Mulyono mengatakan, bahwa penanganan dan pengawasan JPO itu bukan kewenangannya. Sebab, pihaknya melihat JPO masih ada di BKAD.

“Fasilitas JPO itu belum diserahkan ke Dishub Kota Malang, jadi belum masuk kewenangan kami. Sekarang JPO itu masih di BKAD. Tapi itu (kotoran manusia) sudah dibersihkan sama DLH,” kata Heru.

Jika nanti fasilitas JPO itu sudah diserahkan kepada Dishub Kota Malang, Heru mengaku secara otomatis akan dilakukan pemantauan dan pengawasan supaya tidak terjadi hal serupa. 

“Tapi aset JPO itu kan masih belum diserahkan ke Dishub Kota Malang,” tutup Heru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
DLH Kota Malangkotoran manusiatumis brokoli

Berita Lainnya

Berita

Terbaru