Resep Herbal ala dr. Zaidul Akbar yang Baik Dikonsumsi untuk Atasi Masalah Pencernaan

Apr 18, 2022 09:24
Ilustrasi (Foto: medanta.org)
Ilustrasi (Foto: medanta.org)

JATIMTIMES - Masalah pencernaan bisa terjadi karena pola makan atau mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Beberapa gangguan saluran pencernaan yang sering dikeluhkan antara lain seperti gangguan iritasi usus, susah Buang Air Besar (BAB) dan diare.

Namun tak perlu khawatir, kali ini dokter sekaligus pendakwah dr. Zaidul Akbar mengungkap beberapa bahan herbal yang bisa dikonsumsi sebagai cara mudah mengatasi masalah pencernaan.

Beberapa bahan herbal untuk perbaiki pencernaan ini adalah menggunakan bahan dasar pisang, bawang putih dan madu. "Pisang diblender sama bawang putih sedikit dan kasih madu sedikit. Gak akan terasa bawang putihnya, itu akan jadi enzim yang sangat baik untuk pencernaan kita," kata dr. Zaidul Akbar dikutip dari kanal Youtube Bisikan.com, Senin (18/4/2022).

dr. Zaidul Akbar juga membeberkan beberapa cara mudah untuk memperbaiki masalah pencernaan. "Beberapa cara ini bapak ibu sekalian bisa memperbaiki pencernaan kita," ujar dr. Zaidul Akbar. 

Lalu apa saja cara untuk memperbaiki masalah pencernaan? Berikut dr. Zaidul Akbar mengungkap 4 cara untuk memperbaiki masalah pencernaan dengan mudah:

1. Hindari konsumsi antibiotik

"Kalau tidak penting banget jangan dimakan karena antibiotik akan menguras enzim yang ada pada pencernaan," kata dr. Zaidul Akbar.

2. Hindari konsumsi gluten

"Mulai singkirkan produk-produk yang mengandung gluten yang tinggi glukosanya contoh tepung atau sagu salah satunya," jelas dr. Zaidul Akbar.

3. Konsumsi makanan probiotik

“Makanlah probiotik sesering mungkin contohnya tempe, tapi tempe yang sehat jangan digoreng," ucap dr. Zaidul Akbar.

4. Konsumsi protein yang sehat

Protein adalah senyawa penting yang dibutuhkan tubuh, dengan demikian dr. Zaidul Akbar menyarankan untuk mengkonsumsi protein yang sehat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
dr zaidul akbarzaidul akbartips sehat dokter zaidul akbar

Berita Lainnya

Berita

Terbaru