Pemkot Batu Terima Bantuan Pojok Baca Digital, Rencananya Bakal Ada di Tempat Strategis

Apr 17, 2022 15:54
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menerima simbolis bantuan dari Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu (16/4/2022). (Foto: istimewa)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menerima simbolis bantuan dari Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu (16/4/2022). (Foto: istimewa)

JATIMTIMES - Pemkot Batu tengah berupaya untuk meningkatkan minat membaca masyarakat Kota Batu. Bersyukurnya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, mendapatkan bantuan dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, berupa Pojok Baca Digital (Pocadi).

Bantuan Pocadi langsung diterima Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dari Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando. Penyerahan disaksikan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dalam kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Untuk Kesejahteraan, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu (16/4/2022).

Pocadi merupakan tempat membaca yang menyediakan koleksi buku cetak dan buku digital (ebook). Juga dilengkapi dengan perangkat pop up dan aplikasi untuk media promosi, kegiatan serta koleksi ebook, audio dan video yang direkomendasi pada banner yang tersedia.

Dengan Pocadi tersebut, sebagai salah satu langkah pemerintah meningkatkan budaya dan minat baca masyarakat, sekaligus indeks literasi. Sehingga sangat membantu Pemkot Batu untuk meningkatkan minat baca warga di Kota Batu.

Dewanti mengatakan, bantuan tersebut bermanfaat menambah ilmu pengetahuan sekaligus meningkatkan literasi untuk kesejahteraan masyarakat Kota Batu. “Semoga ini bisa bermanfaat bagi warga Kota Batu,” terang Dewanti.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu, Santi Restuningsasi, menambahkan, Pocadi rencananya akan ditempatkan di titik strategis. “Kalau bisa nanti ditempatkan di Mall Pelayanan Publik, atau di Perpustakaan Umum Jalan Kartini," ujar Santi.

Menurut Santi dengan semakin banyak literasi bisa membuat inovasi dan kreativitas untuk memproduksi barang dan jasa yang berkualitas tinggi sehingga bisa dipakai untuk memenangkan persaingan global.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
gunung wayang Lumajanghabib muanas alaididPemkot BatuPerpustakaan Kota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru