Sempat Mogok di Perlintasan Kereta, Sebuah Mobil Tertabrak Kereta Api dan Terseret 10 Meter

Apr 17, 2022 13:51
Tampak Kereta Api pengangkut tangki Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina yang menabrak sebuah mobil di kawasan Comboran, Kota Malang, Minggu (17/4/2022). (Foto: Dok. JatimTIMES)
Tampak Kereta Api pengangkut tangki Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina yang menabrak sebuah mobil di kawasan Comboran, Kota Malang, Minggu (17/4/2022). (Foto: Dok. JatimTIMES)

JATIMTIMES - Peristiwa kecelakaan di perlintasan kereta api kembali terjadi di Kota Malang. Kali ini, rangkaian gerbong kereta api (KA) LL801 yang mengangkut tangki Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina menabrak sebuah mobil Toyota Innova dengan nomor polisi N-1319-HL di perlintasan KA Jalan Halmahera, Kota Malang, Minggu (17/4/2022). 

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun JatimTIMES.com, kejadian kecelakaan di perlintasan KA yang berada di kawasan Pasar Comboran, Kota Malang tersebut terjadi sekitar pukul 08.41 WIB. Di mana mobil Toyota Innova dengan nomor polisi N-1319-HL tersebut dikendarai oleh Prayitno (48) warga Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Prayitno mengatakan, dirinya melaju dari arah selatan Jalan Halmahera menuju ke arah timur Jalan Irian Jaya atau kawasan Pasar Comboran. Kemudian ketika menuju arah timur, pengakuan Prayitno petugas Kereta Api Indonesia tidak menghentikan lajunya. 

"Posisi disana ada orang dua tapi saya nggak dicegat. Pas kita dicegat pas di tengah-tengah rel itu (tiba-tiba) mesin (mobil) mati," ujar Prayitno, Minggu (17/4/2022). 

Ketika mobil yang ia kendarai mengalami mati mesin atau mogok di tengah-tengah jalur perlintasan KA, akhirnya KA LL801 pengangkut tangki BBM Pertamina menabrak mobil yang dikendarai Prayitno. 

"Tadi sendirian mau belanja, saya nggak bisa keluar (saat tertabrak). Keluarnya pas posisi berhenti, saya posisi di dalam. Saya sempat terseret 10 meter dan ini mobil punya sendiri," terang Prayitno. 

Tertabrak.

Sementara itu, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan, ketika pengendara mobil tersebut akan melintas sebelumnya sudah diperingatkan oleh petugas yang berjaga dengan mengibarkan bendera merah serta meniupkan pluit agar pengendara mobil berhenti.

"Tadi sudah diperingatkan petugas, tapi pengemudi tetap nekat terobos," kaya Luqman. 

Akhirnya, saat KA LL801 pengangkut tangki BBM Pertamina mendekat, mesin mobil Toyota Innova dengan nomor polisi N-1319-HL yang dikendarai Prayitno mati atau mogok tepat di tengah-tengah perlintasan rel KA. Sehingga mobil remuk dan terseret kurang lebih 10 meter. 

Luqman menjelaskan, bahwa KA LL801 pengangkut tangki BBM Pertamina tersebut melaju dari Stasiun Malang Kotalama menuju Depot Pertamina. Kemudian terjadi kecelakaan di kawasan perlintasan KA Jalan Halmahera. Perjalanan KA juga sempat mengalami gangguan. Namun, sekitar pukul 10.10 WIB setelah dilakukan pemeriksaan menyeluruh, jalur KA dipastikan aman dan dapat dilintasi kembali oleh KA. 

"Kami menyesalkan kejadian tersebut karena jalur KA harusnya steril tidak ada benda atau kegiatan apapun dan itu diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007," pungkas Luqman. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kecelakaan Kereta vs InnovaKecelakaan lalu lintasKECELAKAAN KERETA API

Berita Lainnya

Berita

Terbaru