Ahli Gizi RSI Unisma: Pentingnya Makanan Bergizi untuk Kesehatan Kulit

Apr 17, 2022 13:30
Ahli Gizi Rumah Sakit Islam (RSI) Unisma, Zulfah Karunia AMd Gz (kanan)(Ist)
Ahli Gizi Rumah Sakit Islam (RSI) Unisma, Zulfah Karunia AMd Gz (kanan)(Ist)

JATIMTIMES - Menjaga kesehatan kulit, merupakan hal yang sangat penting bagi semua orang. Sebab, dengan kulit yang sehat, tentunya akan semakin menambah kepercayaan diri dan membuat penampilan lebih menarik, utamanya untuk para kaum hawa.

Kesehatan kulit tentunya bukan hanya karena perawatan saja, melainkan juga karena konsumsi makan bergizi yang tepat. Mengenai konsumsi makanan bergizi untuk kulit, Ahli Gizi Rumah Sakit Islam (RSI) Unisma, Zulfah Karunia AMd Gz memberikan penjelasan yang patut untuk kalian simak.

Untuk zat gizi kecantikan, dikenal terdapat mikro nutrien dan makro nutrien. Untuk jenis kecantikan kulit, zat gizi makro yang dibutuhkan adalah protein dan lemak.

Untuk protein, akan bermanfaat untuk menjaga kekencangan kulit seseorang. Protein digunakan sebagai bahan baku membentuk collagen. Collagen ini merupakan salah satu bentuk protein yang berfungsi untuk zat kekencangan kulit.

"Untuk mendapatkan asupan gizi, kita perlu mengkonsumsi sumber protein hewani dan nabati. Ada daging sapi, daging ayam, atau pun ikan laut," jelasnya.

Sementara untuk lemak, diperlukan untuk menjaga sel kulit tetap bisa berfungsi dengan baik. Karena di dalam sel terdapat komponen sel yang berasal dari asam lemak. 

"Selama ini orang anggapannya lemak merugikan, bikin gemuk. Tapi lihat dulu lemaknya seperti apa. Kalau lemak jenuh memang bisa menyebabkan peradangan, ini berasal dari hewan atau makanan yang digoreng," jelasnya.

Asam lemak tidak jenuh inilah yang dibutuhkan untuk menyusun komponen sel kulit. Asam lemak tidak jenuh ini bisa didapatkan dari kacang-kacangan, biji-bijian maupun buah alpukat.

"Termasuk juga minyak wijen atau minyak jagung. Itu dari zat gizi makro," jelasnya.

Sedangkan untuk zat gizi mikro, tetap dibutuhkan akan tetapi dalam jumlah yang tak banyak. Hal ini termasuk golongan vitamin dan mineral. Terdapat vitamin C, vitamin A, vitamin E, mineral zinc dan selenium.

"Jadi kuncinya untuk kulit sehat, mengonsumsi beragam makanan dengan lengkap dan seimbang, dari makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Termasuk juga mencukupi kebutuhan cairan," jelasnya.

Begitupun dengan cara diet dari karbohidrat atau dari mengurangi gula, untuk mengurangi berat badan, juga terdapat efek dimana berpengaruh juga dalam kesehatan kulit. Dampaknya bisa berpengaruh pada kulit yang keriput bahkan kendor. Karena itulah, perlu mengonsumsi kebutuhan gizi yang seimbang.

"Ini efek dari ketidakseimbangan gizi yang kita konsumsi," paparnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
tips cantikkesehatan kulitunisma malangRSI Unisma

Berita Lainnya

Berita

Terbaru