Menguap Sembarangan Bisa Dimasuki Setan, Begini Adab Menguap yang Baik

Apr 17, 2022 10:47
Ilustrasi menguap (Ist)
Ilustrasi menguap (Ist)

JATIMTIMES - Menguap merupakan tanda jika seseorang tengah mengalami kantuk. Rasa ingin menguap bisa muncul kapan saja, tanpa terkecuali saat seseorang tengah beribadah sekalipun.

Meskipun kegiatan ini tidak dilarang, namun sebisa mungkin jika hal ini haruslah dihindari. Terlebih lagi jika kita menguap tanpa adab. Hal demikian justru setan masuk ke dalam diri seseorang.

Ketika setan sudah masuk, maka bisa saja orang tersebut digoda oleh setan untuk malas melakukan ibadah. Oleh karena itu, seseorang haruslah mengetahui tata cara menguap dan baik dan benar sesuai dengan syariat. Hal ini tentunya agar menghalau masuknya setan ke dalam diri seseorang.

Lantas bagaimanakah caranya? Berikut tiga cara menghalau setan agar tidak masuk ke dalam diri seseorang ketika tengah menguap, diolah dari sumber Channel Ensiklopedia Al Fatih.

Cara pertama adalah berusaha menolak rasa ingin menguap. Ketika terasa ingin menguap, berusahalah sekeras mungkin untuk bisa menahan rasa ingin menguap, terutama ketika salat. 

Dengan demikian, seseorang akan terhindar dari masuknya setan dalam tubuh. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah, diriwayatkan dari Abu Sa'id Al Khudri RA.

"Apabila salah seorang dari kalian menguap dalam salatnya, hendaklah ia berusaha menahannya sebisa mungkin karena setan bisa masuk," (HR Muslim).

Kemudian terdapat salah satu syekh yang menambahkan, "bagaimana setan bisa masuk?". 

Setan merupakan mahkluk yang tercipta dari api sehingga ia bisa berubah bentuk berpindah dan bergerak seperti hawa dan angin.

Cara yang kedua adalah menutup mulut ketika menguap. Memang, tak semua orang bisa menolak rasa ingin menguap. Karena itu, jika ini terjadi, maka yang harus dilakukan adalah meletakkan tangan di mulut untuk menutupinya. Hal ini bertujuan agar ketika seseorang menguap, mulut tidak terbuka.

Alasan lainnya adalah, ketika seseorang menguap dan mulutnya tidak tertutup, maka ia akan terlihat buruk dan saat itu setan akan mentertawakannya. Anjuran untuk menutupi mulut saat menguap ini tertuang dalam sabda Rasulullah.

"Jika salah seorang dari kalian menguap, tutuplah mulutnya dengan tangannya"(HR Turmudzi).

Dan cara yang ketiga agar setan tidak masuk saat menguap adalah dengan tidak mengeluarkan suara. Mengeluarkan suara saat menguap buruk dalam ajaran Islam. Akan tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui mengenai hal tersebut.

Sehingga, banyak dari mereka ketika menguap justru sengaja untuk mengeluarkan suara. Hal ini agar mendapatkan kepuasan dalam diri atau ingin dianggap sekedar hal lucu bagi orang sekitarnya. 

Padahal hal tersebut merupakan perilaku yang sangat dekat dengan setan. Merujuk riwayat Turmudzi, disebutkan bahwa perasaan orang menguap mengeluarkan suara "ahhhh", maka setan akan tertawa dan masuk di dalam perutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
adab menguapsetan masuk saat kita menguapcamilan kentang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru