Pergantian Musim, Ribuan Ulat Bulu Resahkan Warga Kota Batu, Ini yang Dilakukan Pemkot

Apr 16, 2022 20:01
Regu Yudha saat melakukan perempesan pohon kelengkeng di Jalan Sakura, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Sabtu (16/4/2022). (Foto: DPKP Kota Batu)
Regu Yudha saat melakukan perempesan pohon kelengkeng di Jalan Sakura, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Sabtu (16/4/2022). (Foto: DPKP Kota Batu)

JATIMTIMES - Warga Jalan Sakura, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu diresahkan dengan hadirnya ribuan ulat bulu yang bersarang di pohon. Keresahan warga itu pun langsung direspons Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Batu, Sabtu (16/4/2022).

Regu Yudha dari Dinas Pemadam Kebakaran dengan pakaian Alat Pelindung Diri ini langsung memanjat pohon melakukan penyemprotan disinfektan. Setelah itu baru dilakukan perempesan pohon untuk menghilangkan ulat bulu.

“Setelah perempesan selesai, daun-daun yang terdapat ulat bulu kemudian dibakar,” ujar Kepala Bidang Pencegahan Kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Batu, Santoso Wardoyo.

Santoso menambahkan, kejadian itu bermula saat pemilik pohon dan warga sekitar resah karena pohon kelengkeng yang ada di depan rumahnya dipenuhi dengan ulat bulu. Setelah koordinasi dengan pemilik pohon, setuju jika daunnya dirempes seluruhnya.

“Ini juga pengaruh pergantian musim,” tambah Santoso. Menurut Santoso, kejadian seperti ini rupanya baru pertama kalinya dilaporkan kepada dinas terkait.

Sebelumnya kerap DPKP Kota Batu mendapati laporan selain kebakaran di Kota Batu. Seperti warga terganggu atau resah dengan sarang tawon yang berada di rumah mereka. “Kalau laporan adanya ulat bulu, baru ini,” ujar Santoso.

Bagi warga Kota Batu yang mendapati adanya gangguan hal serupa bisa langsung menginformasikan kepada petugas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Ulat BuluSantoso Wardoyo

Berita Lainnya

Berita

Terbaru