Menu Buka dan Sahur

Makanan Penutup Saat Sahur Manis, Murah dan Bernutrisi

Apr 16, 2022 08:24
Dadar Gulung Gula Aren sumber gambar: youtube.com/D.A.K.Lea
Dadar Gulung Gula Aren sumber gambar: youtube.com/D.A.K.Lea

JATIMTIMES - Melakukan sahur tentunya akan terasa membosankan tanpa adanya makanan penutup setelah makan sahur. Tidak hanya saat berbuka, makanan pencuci mulut di kala sahur pun terbukti dapat meningkatkan ketahanan lapar saat bepuasan. Namun, hal ini juga memerlukan ketepatan dalam memilih menu dan bahan makanan pencuci mulut.

Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tips membuat makanan pencuci mulut setelah sahur. Makanan penutup sahur yang dimaksud adalah jajanan pasar Dadar Gulung Gula Aren. Dadar Gulung Gula Aren ini berbahan dasar gula aren yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi tubuh anda saat menjalankan puasa nanti.

Belakangan gula aren populer di tanah air. Gula aren banyak dimanfaatkan sebagai pemanis minuman sampai menu makanan penutup. Gula aren dianggap sebagai alternatif pemanis, sebab lebih sehat dan melibatkan proses pembuatan yang sederhana (tanpa tambahan bahan kimia). 

Mengutip dari WebMD, gula aren memiliki indeks glikemik rendah bila dibandingkan dengan pemanis lainnya. Beberapa penelitian yang sedang berlangsung menyebutkan gula aren baik untuk penderita diabetes.  

Manfaat gula aren satu ini mungkin sudah banyak yang mengetahuinya. Dari anak muda hingga orang dewasa saat ini seringkali mengonsumsi minuman dengan gula aren yang dapat membuat mereka bahagia dan lebih semangat. Gula aren juga merupakan sumber karbohidrat sama halnya dengan gula putih. Dengan mengonsumsi gula aren, tubuhmu akan menjadi lebih bersemangat untuk bergerak. 

Untuk membuat makanan pencuci mulut berbahan dasar Gula Aren, Anda perlu menyiapkan bahan-bahan berikut ini :

  • Tepung Terigu
  • Tepung Tapioka
  • Gula
  • Santan
  • Butiran Kelapa
  • Garam
  • Pewarna Makanan
  • Gula Aren
  • 1 Lembar Daun Pandan
  • Air

Langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk pembuatan takjil ini pun tidak terlalu susah.

  1. Langkah pertama, haluskan gula aren. Letakkan pada wajan cembung agar lebih mudah memasaknya. Tambahkan sedikir air dan satu sendok teh garam. Letakkan daun Pandan di atasnya. Masak hingga mendidih menggunakan api kecil.
  2. Setelah mendidih, tuangkan serbuk kelapa bekas perasan santan yang sudah anda siapkan sebelumnya. Aduk hingga merata dan pastikan seluruh cairan gula aren meresap ke butiran kelapa hingga agak kering.
  3. Buatlah adonan Dadar Gulungnya. Siapkan tepung terigu, tepung tapioka, gula dan sedikit garam. Campurkan dalam satu wadah dan tambahkan santan secara bertahap hingga adonan agak mengental sambil terus diaduk.
  4. Kemudian sisihkan setengah gelas santan dan kemudian campur dengan beberapa tetes pewarna makanan. Pemilihan warna bebas tergantung selera masing-masing. Namun, agar telihat lezat, pemilihan warna coklat sangat disarankan.
  5. Selanjutnya, siapkan loyang dan letakkan pada panci yang bisa digunakan untuk mengukus. Masukkan adonan yang telah diberi pewarna makanan dengan motif yang diinginkan. Kukus selama satu menit. Kemudian, tuangkan adonan yang tidak diberi pewarna makanan. Kukus hingga lima menit. Dapat diketahui bahwa warna dadar guling manis ini memiliki dua warna yaitu putih dan cokelat.
  6. Setelah adonan dadar gulung jadi, dinginkan terlebih dahulu. Lalu masukkan butiran kelapa yang sudah diolah dengan gula aren sebelumnya. Gulung hingga terbungkus dengan rapih.
  7. Untuk mempercantik tampilan potonglah menjadi 2-3 bagian. Lalu berilah alas plastik agar lebih menarik minat para pelanggan yang mencari takjil. Dadar Gulung Manis siap untuk dinikmati. Selamat mencoba.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
dialog forum Lumajangmenu sahurMenu Buka Puasa

Berita Lainnya

Berita

Terbaru