Pemkab Malang Siapkan Rp 250 Miliar untuk Benahi Jalan Berlubang

Apr 15, 2022 15:51
Jalan di Desa Sumberejo, Kecamatan Pagak, yang dijadwalkan untuk perbaikan. (Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Jalan di Desa Sumberejo, Kecamatan Pagak, yang dijadwalkan untuk perbaikan. (Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Masalah  jalan berlubang hingga saat ini masih menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) menjelaskan bahwa soal jalan berlubang yang hingga saat ini masih ada. Salah satunya disebabkan refocusing anggaran akibat pandemi covid-19 lalu. 

Sekretaris DPUBM Kabupaten Malang Suwignyo memastikan bahwa pada tahun 2022 ini tidak ada lagi refocusing. Sehingga, perbaikan ataupun pemeliharaan jalan di sejumlah titik Kabupaten Malang akan mulai dilakukan. Anggaran untuk pemeliharaan dan perbaikan itu kurang lebih Rp 150 miliar. Sedangkan untuk peningkatan senilai Rp 100 miliar.

"Jalan di Kabupaten Malang itu sudah dua tahun tidak dilakukan pemeliharaan atau perbaikan karena refocusing anggaran. Tapi tahun ini (2022) sudah tidak ada lagi dan setelah Lebaran ini, baru bisa diperbaiki," ujar Suwignyo.

Meski demikian, Suwignyo mengatakan bahwa dalam waktu dekat, pekerjaan yang bisa dilakukan adalah sistem tambal sulam. Sebab, pekerjaan perbaikan secara menyeluruh harus melalui proses lelang lewat layanan pengadaan secara elektronik (LPSE).

"Yang bisa dilakukan hanya penambalan jalan karena untuk peningkatan jalan harus melalui proses lelang," imbuh Suwignyo. 

Peningkatan jalan tersebut akan dilakukan di beberapa wilayah, seperti di Jalan  Sumberejo-Gunung Geger di Kecamatan Pagak, Jalan Karangploso berbatasan dengan Kota Batu, Jalur Lingkar Barat (Jalibar) atau Jalan Ir Soekarno fi Kecamatan Kepanjen, dan Jalan Bantur di Kecamatan Bantur.

"Yang di Bantur persisnya di depan pom bensin (SPBU) Bantur juga akan dilakukan peningkatan. Itu pun nunggu lelang selesai. Insya Allah setelah Lebaran, sekarang masih proses lelang," terang Suwignyo.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun, perbaikan jalan di Desa Sumberejo diperkirakan akan dilakukan menunggu pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS)  tahap II rampung. 

Saat ini, pada pembangunan JLS tahap II sepanjang 23 kilometer hingga akhir 2021 lalu baru rampung sepanjang 18 kilometer. Sementara sisanya yang kurang lebih sepanjang 18 kilometer hingga perbatasan Kabupaten Blitar diperkirakan akan digarap tahun ini. 

Sebagai informasi, jalan yang dibangun pada JLS tahap II tersebut membentang dari simpang empat Pantai Balekambang hingga menuju Desa Kedungsalam di Kecamatan Donomulyo sampai perbatasan Kabupaten Blitar. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
peresmian musholaPemkab MalangPerbaikan Jalan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru