Video Yusuf Mansur Marah-marah Viral, Warganet Sandingkan dengan Ceramah Gus Baha: Kiai, Ustaz Juga Manusia

Apr 15, 2022 15:06
Gus Baha (Foto: IST)
Gus Baha (Foto: IST)

JATIMTIMES - Beberapa waktu lalu, sebuah video yang memperlihatkan Ustaz Yusuf Mansur sedang marah-marah saat menceritakan kondisi keuangan Paytren miliknya, beredar luas di media sosial hingga viral. Video itu pun mengundang beragam reaksi dari warganet.

Setelah video itu viral, lantas warganet menyandingkan video Yusuf Mansur yang marah-marah itu dengan ceramah Gus Baha yang mengatakan bahwa sebenarnya Kiai atau Ustaz itu juga manusia. 

"Kamu tidak suka kiai? Memang Kiai, Ustaz juga manusia. Kamu berteman pasti kecewa. Karena setiap hari diajak wiridan, salat, kadang uang tidak punya juga minta," kata Gus Baha dengan nada guyon khasnya, sebagaimana dikutip dari kanal YouTube Santreh Kopengan. 

Gus Baha lalu menjelaskan bahwa, suatu ketika Nabi Muhammad SAW ditanya oleh para sahabat, apakah ada orang baik di zaman akhir? Nabi Muhammad SAW menjawab, ada tapi sudah terkontaminasi.

"Melaksanakan agama di zaman akhir itu paling efektif kalau dapat lampu hijau dari pejabat. Misalnya istighosah, gara - gara Pangdame melok istighosah (sebab Pangdamnya ikut istighosah) bisa spektakuler. Di lapangan Brawijaya, yang datang Wakil Presiden hingga Kasdam," kata Gus Baha.

Sehingga di zaman akhir itu, kebaikan pun pasti ada kontaminasi. Contoh paling mudah yaitu NU dan Muhammadiyah. 

Ketika Muhammadiyah bersaing dengan orang kristen mendirikan Rumah Sakit dan Universitas mewah. Merupakan salah satu gambaran Islam modern.

Yaitu suatu era dimana orang Islam sudah tidak lagi menikmati munajat atau ruang-ruang privasi dengan Tuhan. Ada semacam efek negatif meskipun tidak terlalu banyak. 

Sementara, masih menurut Gus Baha, "Tapi kalau menuruti NU, Orang pada memakai pikirannya secara sepihak - pihak. Merasa benar sendiri, karena memiliki ijazah khusus. Orang sama - sama asik dengan dirinya sendiri - sendiri, karena merasa punya wiridan khusus. Akhirnya tidak ada kebersamaan."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Gus BahaUstaz Yusuf Mansurvideo viral ustaz yusuf mansurvideo viralstok minyak goreng mojokerto

Berita Lainnya

Berita

Terbaru