Forkopimda Kabupaten Malang Siap Kawal Momen Mudik Lebaran 2022

Apr 14, 2022 20:55
Suasana rapat koordinasi antara Pemkab Malang, Polres Malang dan Kodim 0818 Kabupaten Malang/Kota Batu. (foto: Humas Polres Malang for JatimTIMES)
Suasana rapat koordinasi antara Pemkab Malang, Polres Malang dan Kodim 0818 Kabupaten Malang/Kota Batu. (foto: Humas Polres Malang for JatimTIMES)

JATIMTIMES - Menyambut momen mudik lebaran 2022, Polres Malang menggelar rapat koordinasi (rakor) lintas sektor dengan Forkopimda Kabupaten Malang. Rakor yang digelar di Rupatama Mapolres Malang, Kamis (14/4/2022) itu dihadiri Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto hingga Kasdim 0818 Malang-Batu Mayor Joko Istianto.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh seluruh pejabat utama (PJU) Polres Malang dan masing-masing OPD terkait dari Pemerintah Kabupaten Malang.

Dalam sambutannya, Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat menyampaikan bahwa menjelang Lebaran nanti, pihaknya akan mengadakan operasi kepolisian dengan sandi Operasi Ketupat Semeru 2022. Operasi yang serentak dilaksanakan di Indonesia ini akan ada pengerahan personel, pendirian pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu.

“Kami telah memetakan lokasi rawan macet maupun rawan laka lantas. Karena diprediksi jumlah pemudik akan meningkat hingga sekitar 85 juta pemudik, dengan tujuan Jabar, Jateng dan Jatim,” ujar Ferli Hidayat.

Berdasarkan prediksi, banyak muncul keinginan masyarakat untuk mudik karena mereka menganggap sudah dua tahun terakhir ada pelarangan mudik. Sehingga kebijakan pemerintah yang memperbolehkan mudik akan dimanfaatkan oleh masyarakat.

Selanjutnya, Ferli mengungkapkan nantinya pos pengamanan dan pelayanan akan diisi oleh personel gabungan dari TNI-Polri, Satpol PP, Dishub, nakes dan juga pamswakarsa lainnya.

“Kami siap mengamankan dan mengawal arus mudik maupun arus balik bagi masyarakat yang akan menuju atau dari Kabupaten Malang,” terang Ferli.

Tak semata membahas menjelang momen Lebaran. Ferli juga terus mengingatkan agar masyarakat selalu antisipatif terhadap lonjakan kasus covid-19 dalam mudik Lebaran kali ini. Dalam hal ini, Forkopimda Kabupaten Malang juga telah sepakat mempercepat capaian vaksinasi khususnya lansia.

“Orang tua ataupun sanak saudara tertua akan menjadi salah satu sasaran berkunjung di saat Lebaran nanti. Orang tua yang memasuki masa lansia adalah kelompok rentan dengan dampak fatalitas paparan covid-19,” kata Ferli.

"Untuk itu salah satu langkah antisipasi kita yaitu dengan menggenjot vaksinasi lansia di Kabupaten Malang," imbuh japolres Malang lulusan Akpol 2004 itu.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto menyatakan dukungan penuh atas program Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait mengamankan mudik Lebaran 2022 ini. Oleh karena itu, pihaknya siap menerjunkan personel dari beberapa instansi pemerintahan seperti  Dishub, Satpol PP hingga Dinkes.

“Kami akan dukung penuh kegiatan pengamanan di saat mudik Lebaran nanti. Kami juga akan men-support personel dari Dinkes, Dishub dan Satpol PP dari Kabupaten Malang,” urai Didik.

Didik juga menyoroti destinasi wisata yang  diprediksi menjadi salah satu tujuan wisata di masa cuti Lebaran. Didik akan menerjunkan tim dari BPBD Kabupaten Malang sebagai tim yang memantau protokol kesehatan.

“Nanti BPBD akan kolaborasi dengan polres dan kodim untuk mengawasi protokol kesehatan bagi para pengunjung,” ucap  mantan ketua DPRD Kabupaten Malang itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Mudik LebaranPolres MalangLayanan adminduk Kabupaten Blitar

Berita Lainnya

Berita

Terbaru