Perpustakaan UPTP Dinas KUKM Provinsi Jawa Timur Raih Penghargaan Perpustakaan Khusus Akreditasi A Pertama

Apr 14, 2022 12:25
Sumber gambar : perpusnas.go.id
Sumber gambar : perpusnas.go.id

JATIMTIMES-  Perpustakaan UPTP Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (KUKM) Provinsi Jawa Timur meraih penghargaan Perpustakaan Khusus dengan Akreditasi A Pertama pada Selasa (12/04/2022).

Penghargaan tersebut resmi menjadikan UPTP Dinas KUKM Provinsi Jawa Timur sebagai perpustakaan pertama dengan Akreditasi A di Jawa Timur.

Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sangat vital terhadap ekonomi di Jawa Timur. Paling tidak terdapat 9,7 juta UMKM di Jawa Timur yang berkontribusi sebanyak 57 persen dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

Kontribusi tersebut masih bisa ditingkatkan lagi, karena 80 persen UMKM di Jawa Timur baru masuk pasar lokal, 18 persen lainnya sudah masuk pasar regional nasional, dan hanya 2 persen yang masuk pasar global.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando menyampaikan bahwa sudah 3 tahun Perpusnas telah mencoba keluar dari paradigma lama perpustakaan.

Dari fungsi umum yang hanya digunakan  sebagai tempat penyimpanan buku menjadi tempat untuk bertukar pengetahuan  melalui program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

Dalam lima tingkatan literasi, pada tingkatan yang kelima ialah kemampuan menciptakan barang dan jasa bermutu yang bisa digunakan dalam kompetensi global, Syarif Bando merasa kehadiran Shopee yang menginisiasi jalur UMKM mampu memberikan pembelajaran luar biasa untuk membangun ekonomi rakyat dan memberi pemahaman akan pentingnya buku-buku ilmu terapan.

Kepala Perpusnas tersebut berpendapat bahwa jika dari segi ekonomi dan produksi sudah maju maka negara Indonesia juga akan mengalami kemajuan dari segi UMKM dan lain-lain. “Intinya kalau negara ini sudah maju produksinya, Indonesia akan maju,” ujarnya.

Tidak hanya itu, penyelenggaraan tersebut mendapatkan apresiasi dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Praawansa. Pada saat meresmikan Kampus UMKM Shopee yang berlokasi di UPTP Dinas KUKM Provinsi Jawa Timur, Ia mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Shopee dalam menyiapkan harapan baru bagi masyarakat.

Ia berpendapat bahwa setiap kehidupan harus selalu ada yang memiliki inisiatif  untuk memberikan harapan-harapan baru. “Terima kasih kepada Shopee karena telah memberikan energi baru yang disemai untuk pelaku UMKM Jawa Timur,” ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
investasi emas pegadaianKhofifah Indar Parawansa

Berita Lainnya

Berita

Terbaru