Cara Daftar dan Syarat Lowongan Kerja BUMN melalui Online

Apr 14, 2022 09:39
BUMN (Foto: thecelsius.com)
BUMN (Foto: thecelsius.com)

JATIMTIMES -Kementerian BUMN resmi membuka lowongan kerja bersama di lebih dari 50 perusahaan plat merah dengan 2.700 posisi. Link pendaftaran lowongan kerja bisa diakses melalui rekrutmen bersama.fhcibumn.id/job.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa rekrutmen bersama ini dilakukan untuk menyaring putra putri terbaik bangsa dalam segala bidang.

"Transformasi BUMN tentu tidak akan berhasil tanpa transformasi human capital. Itu lah yang penting untuk kami memastikan keberpihakan kami kepada talenta terbaik untuk bergabung di BUMN," ungkap Erick dalam peluncuran Rekrutmen Bersama BUMN 2022, Selasa (12/4/2022).

Lantas bagaimana langkah-langkah atau cara daftar pekerjaan di BUMN? Berikut ulasannya:

Cara mendaftar lowongan kerja di BMUN: 

1. Buka situs https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id. Tidak ada laman website lain yang bisa digunakan untuk mengikuti program ini, selain link tersebut. 

2. Lakukan registrasi lewat fitur yang terletak di pojok kanan halaman depan.

3. Aktivasi akun untuk pendaftaran melalui informasi yang dikirimkan panitia melalui email yang telah didaftarkan sebelumnya.

4. Lengkapi curriculum vitae (CV) pada menu Daftar Riwayat Hidup. Kemudian, pastikan semua dokumen telah siap seperti foto profil, KTP, ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL), transkrip nilai, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dokumen lainnya, hingga surat rekomendasi apabila ada.

5. Pilih posisi yang diminati. Pelamar hanya boleh melamar maksimal di tiga posisi di BUMN yang berbeda.

6. Jika proses selesai, pelamar tinggal memantau proses lamaran, jadwal, dan pengumuman di halaman Lamaran Saya atau email yang telah didaftarkan.

Sedangkan untuk syarat-syarat pendaftaran yaitu: 

Untuk bisa bekerja di perusahaan milik negara, tentu ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peserta. 

1. Calon peserta merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Calon peserta memiliki usia maksimal 27 tahun untuk lulusan Diploma I, II, dan III. Kemudian, maksimal usia 30 tahun untuk lulusan Diploma IV dan Sarjana atau S1 dan maksimal usia 35 tahun untuk lulusan Magister atau S2.

3. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 dari perguruan tinggi.

4. Bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia. 

5. Sehat jasmani, rohani dan bebas dari narkoba.

6. Memiliki dokumen Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). 

7. Memiliki sertifikasi pelatihan yang sesuai dengan kompetensi dan rekomendasi pengalaman kerja apabila ada.

8. Memiliki rekomendasi komunitas untuk pelamar yang berprestasi di bidang olahraga, seni, digital creator, dan start up apabila ada.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kementerian BUMNerick thohirjatimbalinus

Berita Lainnya

Berita

Terbaru