4 Ilmu Kejuruan UB Masuk QS World University Rangking

Apr 13, 2022 14:27
Potret Kampus Universitas Brawijaya (Sumber gambar: instagram.com/@univ.brawijaya)
Potret Kampus Universitas Brawijaya (Sumber gambar: instagram.com/@univ.brawijaya)

JATIMTIMES - 4 ilmu jurusan atau program studi di Universitas Brawijaya berhasil memasuki daftar pemeringkatan perguruan tinggi dunia atau yang biasa disebut dengan QS World University Rangkings.

QS WUR menilai ilmu bidang sejumlah 1.543 di perguruan tinggi dari 161 negara dengan 51 subject bidang keilmuan, dan berdasarkan 5 indikator, masing-masing academic reputation, employer reputation, sitasi per paper, dan international research network (IRN).

Pada tahun 2021 UB hanya mmemiliki dua bidang ilmu spesifik yang berhasil memasuki World University Rangkings. Kemudian pada periode 2022 Universitas Brawijaya mengalami peningkatan pesat pada pencapaian di 4 ilmu bidang.

4 bidang yang dimaksud adalah pertanian dan kehutanan, studi bisnis dan manajemen, studi hukum dan hukum. Sebagai informasi, QS World University Rangkings adalah publikasi peringkat tahunan yang diberikan pada universitas dan memasuki jenjang internasional.

Pada periode 2022 capaian QS UB menjadi tiga bidang ilmu sepesifik ditambah satu bidang ilmu yang luas. Tiga bidang ilmu spesifik tersebut adalah Agriculture dan Forestry peringkat 301-350, Business and Management Studies peringkat 451-500, dan Law and Legal Studies peringkat 301-340. Kemudian untuk bidang ilmu luas yaitu Social Sciences and Management berada pada peringkat 401-450.

Hal yang sangat membanggakan ini tentunya menunjukkan bagaimana Universitas Brawijaya dapat mempertahankan kualitas agar tetap dan terus sejajar dengan perguruan tinggi baik tingkat nasional maupun tingkat internasional.

Melansir dari website resmi Universitas Brawijaya, Rektor UB Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS., menuturkan  pemeringkatan QS World University Ranking merupakan ajang yang paling bergengsi di dunia karena menunjukkan kualitas dan reputasi perguruan tinggi.

“Allhamdulillah UB sudah mengawali peringkat QS by Subject sejak tahun 2020 pada bidang Agriculture dan Foresty. Di tahun 2021 bertambah subyek bussiness and management studies. Tahun ini ada tiga bidang ilmu spesifik dan satu bidang ilmu luas yang peringkatnya naik pada versi QS Star,” ujarnya.

Hal ini tentunya membuat mantan dekan Fakultas Pertanian tersebut memiliki harapan yang lebih tinggi lagi. Harapan yang ia sampaikan adalah supaya ilmu-ilmu kejuruan maupun program studi di Universitas Brawijaya dapat memasuki  daftar panjang QS World University Rangkings. Ia juga menyampaikan bahwa dengan harapan ini Universitas Brawijaya dapat berkembang lebih baik lagi dan semakin menjadi media pendidikan yang terpercaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
QS World University RangkingsWorld University RankingUniversitas Brawijaya

Berita Lainnya

Berita

Terbaru