Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Jadwal, Lokasi, dan Teknik Penukaran Uang Baru, BI Malang Siapkan Rp 4,6 Triliun

Penulis : Nila Maulida - Editor : Nurlayla Ratri

13 - Apr - 2022, 09:28

JATIMTIMES- Lebaran identik dengan angpau berisi uang baru. Masyarakat di wilayah Malang Raya, Pasuruan, dan Probolinggo bisa menukarkan uang baru di bank terdekat mulai 25 April 2022 mendatang.

Jumlah uang yang bisa ditukarkan oleh masyarakat sebesar Rp 3,7 juta. Nantinya, masyarakat akan mendapat masing-masing satu bendel uang kartal pecahan Rp 20 ribu, Rp 10 ribu, Rp 5 ribu dan Rp 2 ribu. Tiap bendel, berisi 100 lembar uang baru.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Malang pun telah menyiapkan uang kertas Rp 4,6 triliun selama Ramadan hingga Idul Fitri 1443 H ini.

Kepala KPw BI Malang, Samsun Hadi menegaskan bahwa semua layanan penukaran uang yang disediakan bersifat gratis tanpa dipungut biaya.

“Untuk layanan penukaran uang melalui loket perbankan dan perbarindo akan dilakukan secara serentak pada tanggal 25-28 April 2022 yang tersebar di berbagai kota/kabupaten, yakni Malang, Batu, Pasuruan dan Probolinggo,” ungkap Samsun Hadi dalam rilis yang diterima JatimTIMES.

Meski pandemi Covid-19 belum sepenuhnya reda, Samsun menyebut kebutuhan uang kartal menjelang Lebaran 2022 di wilayah KPw BI Malang naik sekitar 6,98 persen dari tahun sebelumnya. Menurutnya, kenaikan kebutuhan uang kartal seiring dengan semakin membaiknya perekonomian dan pandemi yang semakin terkendali.

Hal ini juga didorong kebijakan pemerintah yang memberi kelonggaran masyarakat untuk beraktivitas bahkan mudik disertai dengan penetapan cuti bersama, diperkirakan akan meningkatkan aktivitas ekonomi dan pembayaran baik tunai maupun non tunai.

“KPw BI Malang menyiapkan uang kartal sebesar Rp 4,6 triliun, naik 6,98 persen dari tahun sebelumnya. Realisasi pada tahun 2021 lalu mencapai Rp 4,3 triliun,” ungkap Samsun, Selasa (12/4/2022).

KPw BI Malang juga telah menetapkan jadwal penukaran uang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Samsun menguraikan, ada tiga layanan yang diberikan yakni Kas Ritel Keliling, Kas Keliling Drive Thru, juga melalui loket perbankan dan perbarindo.

Kas Keliling Ritel dengan jadwal sebanyak 4 kali, yaitu pada tanggal 7 dan 21 April 2022 di Markas Brimob Ampeldento Kabupaten Malang, serta tanggal 14 dan 28 April 2022 di Area Parkir Gedung Cakrawala Universitas Negeri Malang.

Masyarakat yang ingin menukarkan uangnya pada Kas Keliling Ritel harus terlebih dahulu mendaftar secara online di aplikasi PINTAR dengan alamat http://pintar.bi.go.id.

“Sistem tersebut digunakan untuk menghindari kerumunan dan memberi kemudahan bagi masyarakat dengan hanya menunjukan bukti pemesanan beserta KTP sebagai proses verifikasi,” paparnya.

Untuk layanan penukaran uang melalui Kas Keliling Drive Thru, rencananya diselenggarakan selama 4 hari, yaitu pada tanggal 25-28 April 2022 bertempat di gedung Cakrawala Universitas Negeri Malang.

Kegiatan ini diperuntukan bagi masyarakat yang ingin menukar uang secara praktis sambil berkendara. Kas Keliling Ritel maupun Kas Keliling Drive Thru memiliki jam operasional terbatas yakni pukul 10.00 – 12.00 WIB.

Sementara itu, untuk penukaran di loket-loket bank bisa dilakukan mulai 25-28 April 2022.

“BI Malang bekerja sama dengan perbankan dan perbarindo membuka 100 titik layanan penukaran di loket perbankan dan 39 titik layanan penukaran di loket perbarindo. Dengan meluasnya titik penukaran, diharapkan kebutuhan masyarakat akan uang baru di berbagai lokasi dapat terpenuhi,” pungkasnya.

Bank Indonesia mengajak masyarakat untuk berperilaku belanja bijak sesuai kebutuhan, berhemat, dan merawat Rupiah guna mendorong kesadaran masyarakat untuk semakin Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah. Hal ini tercermin juga dalam tema Ramadan/Idul Fitri yang diusung tahun ini yakni "Serambi Rupiah Ramadan: Belanja Bijak dan Rawat Rupiah".

Bank Indonesia juga senantiasa berkoordinasi dengan perbankan dan lembaga terkait untuk memberikan layanan sistem pembayaran tunai dan nontunai guna mendukung kelancaran transaksi di masyarakat selama Ramadan dan Idulfitri 1443 H.


Topik

Ekonomi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nila Maulida

Editor

Nurlayla Ratri