Din Syamsuddin Nilai Esensi Demo Mahasiswa Tenggelam karena Pengeroyokan Ade Armando

Apr 13, 2022 08:14
Din Syamsuddin (Foto: IST)
Din Syamsuddin (Foto: IST)

JATIMTIMES - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin turut angkat bicara soal pengeroyokan terhadap Ade Armando saat aksi demo di gedung DPR RI, Senin (11/4/2022). Din menilai gelombang demonstrasi mahasiswa yang terjadi belakangan ini tenggelam esensinya karena peristiwa tersebut. 

Ia berujar, adanya gelombang unjuk rasa mahasiswa beberapa hari terakhir merupakan fenomena yang lumrah dalam menyikapi ketidakwajaran situasi seperti sekarang ini.

Mulai dari isu penundaan pemilu atau perpanjangan masa jabatan presiden Joko Widodo, kenaikan harga BBM, kelangkaan minyak goreng, hingga mega proyek Ibu Kota Negara (IKN). Kendati demikian, Din mengingatkan beda sikap penerimaan penyuaraan aspirasi di luar negeri dan di Indonesia.

"Di banyak tempat di luar negeri ada 5-10 orang berdiri dengan aspirasi itu langsung diperhatikan. Kita, ribuan, puluhan ribu, ratusan ribu nggak didengar, tapi nyaris menjadi sebuah konflik politik antagonisme," kata Din, Selasa (12/4/2022). 

Sekalipun dengan kondisi seperti itu, masih ada potensi esensi dari aspirasi rakyat tenggelam oleh isu lainnya. Ia lantas menyinggung peristiwa pengeroyokan Ade  yang terjadi kala mahasiswa menggelar aksi demo.

"Apalagi nanti jika ada kejadian-kejadian seperti kemarin, esensi demonya menjadi tenggelam. Saya lihat berita hari ini kurang mengemukakan aspirasi mahasiswa. Tapi kasus (pengeroyokan) Ade Armando yang menghiasi headline di TV maupun di media-media sosial," ujar Din. 

Lebih lanjut, Din mengaku sebagai sosok yang menentang kekerasan. Termasuk di setiap aksi unjuk rasa, baik oleh pendemo atau aparat keamanan. Hanya saja, Din melihat insiden pengeroyokan Ade itu seharusnya bisa diantisipasi melihat figurnya yang kontroversial dan posisinya yang kerap kali berseberangan dengan para mahasiswa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Ade ArmandoDin Syamsudinjalan jember mulus

Berita Lainnya

Berita

Terbaru