Satu Keluarga di Jombang Keracunan Makanan, Bocah 6 Tahun Tewas

Apr 12, 2022 23:21
Petugas Puskesmas Sumobito mengambil sampel makanan. (Foto : Adi Rosul / JombangTimes)
Petugas Puskesmas Sumobito mengambil sampel makanan. (Foto : Adi Rosul / JombangTimes)

JATIMTIMES - Lima orang dalam satu keluarga di Jombang diduga keracunan makanan. Satu orang meninggal dunia sedangkan 4 lainnya dalam perawatan.

Dugaan keracunan massal ini dialami oleh keluarga asal Dusun Grudo, Desa Madiopuro, Kecamatan Sumobito, Jombang. Mereka adalah Slamet Mochammad Yusuf (33) dan istrinya, Sujik Mistiari (33) serta dua anaknya Mareta Putri Reginna (13) dan Savara Malaila Bilqis (6). Dan juga orang tua Slamet, Asmiadi (79) turut menjadi korban keracunan.

Kapala Dusun Grudo Sudiono mengatakan, dugaan keracunan itu diketahui pada sore tadi sekitar pukul 16.30 WIB. Saat itu, Sujik melihat tubuh putrinya, Savara membiru. Selain itu, terdapat muntahan di samping bocah berusia 6 tahun tersebut.

"Si ibu kandungnya tahu-tahu anaknya sudah meninggal dunia, pas waktu tidur dikeloni gitu. Jadi tidur ibunya itu bangun, tahu sudah biru dan kaku. Di tempat tidurnya banyak muntahan," ujarnya kepada wartawan, Selasa (12/04/2.22).

Dari situ, terungkap bahwa 4 orang lainnya juga mengalami gejala demam dan muntah-muntah. Lantas, keempat orang yaitu bapak, ibu, kakak dan kakek korban dilarikan ke puskesmas Sumobito dan salah satu rumah sakit swasta di Kecamatan Mojoagung.

"Keluarga yang lain juga sama. Sebelumnya juga sudah sakit 2 hari. Dipikirnya meriang biasa," kata Sudiono.

Sementara Survilane Puskesmas Sumobito, Nukus menyampaikan, satu keluarga itu memakan nasi bungkua dengan lauk ayam goreng pada Minggu (10/04/2022) sore pukul 16.00 WIB.

"Setelah magrib gejala mulai muncul. Jadi mereka satu keluarga itu dalam kondisi muntah, diare dan pusing. Tapi mereka tidak sampai berfikir ke arah keracunan," terangnya.

Saat ini, sejumlah sampel makanan telah diambil pihak Puskesmas Sumobito untuk diteliti. Sedangkan, kercanunan massal ini juga dalam penanganan Polsek Sumobito.

"Anggota masih di TKP," pungkas Kapolsek Sumobito AKP Miftahul Amin.(*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
keracunan makananKeracunan MassalKabupaten Jombang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru