Lebaran Kali Ini, Dishub Kabupaten Malang tidak Ada Program Mudik Gratis

Apr 12, 2022 21:14
Ilustrasi bus yang digunakan mudik gratis (foto: istimewa)
Ilustrasi bus yang digunakan mudik gratis (foto: istimewa)

JATIMTIMES - Warga Kabupaten Malang harus bersabar, karena Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Malang sementara belum mengeluarkan program mudik gratis yang biasa dilakukan setiap tahun.

Meskipun Kementerian perhubungan (Kemenhub) resmi membuka program mudik gratis menjelang hari raya idul fitri 2022 mendatang. Namun syarat mudik gratis tersebut diatur dalam Surat Edaran (SE) Kemenhub No. 38/2022.

“Ya, Dishub Kabupaten Malang untuk sementara ini belum ada (program) mudik gratis untuk tahun ini,” tegas Kadishub Kabupaten Malang, Bambang Istiawan saat ditemui, Selasa (12/3/2022).

Menurut Bambang, hal itu juga karena pada saat proses penganggaran beberapa waktu lalu, belum ada kepastian dari pemerintah terkait pelaksanaan mudik tahun ini diperbolehkan atau tidak. “Jadi karena anggaran tahun 2022 ini sudah berjalan. Maka anggaran untuk program mudik gratis itu tahun ini belum ada,” kata Bambang.

Meski begitu, Bambang juga tidak tutup mata apabila nantinya ada pihak swasta yang mengadakan program mudik gratis. “Jika perkembangannya nanti ada orang mengadakan mudik gratis, ya silahkan saja,” tutur Bambang.

Seperti diketahui, program mudik gratis lebaran di Kabupaten Malang memang ditiadakan selama dua tahun terakhir. Hal itu juga karena seiring adanya pandemi covid-19.

Terakhir, Dishub Kabupaten Malang mengadakan program mudik gratis pada tahun 2019 lalu. Saat itu, Dishub menyediakan 5 armada bus untuk program tersebut dengan tujuan yang bervariasi, mulai dari Malang ke Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Ngawi, Banyuwangi, Pacitan hingga Bondowoso.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
mudik gratisdishub kabupaten malangBambang Istiawan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru