Bank Indonesia Malang Siapkan Uang Penukaran Rp 4,6 Triliun

Apr 12, 2022 20:56
Foto : Nila Maulida
Foto : Nila Maulida

JATIMTIMES- Menyambut bulan Ramadan dan Idul Fitri 1443 H, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang menyiapkan uang kartal sebesar Rp 4,6 triliun, naik 6,98% dari tahun sebelumnya dimana realisasi pada tahun tersebut mencapai Rp 4,3 triliun. Langkah tersebut ditempuh untuk memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat seiring dengan semakin membaiknya perekonomian dan pandemi yang semakin terkendali.

Hal ini seiring dengan kebijakan pemerintah yang memberi kelonggaran masyarakat untuk beraktivitas bahkan mudik disertai dengan penetapan cuti bersama, diperkirakan akan meningkatkan aktivitas ekonomi dan pembayaran baik tunai maupun non tunai.

Kemudian untuk memberikan informasi lebih lanjut Bank Indonesia Malang  menyelenggarakan acara Bincang Santai Bersama Media di Restoran Padang Merdeka pada Selasa (12/04/2022). Acara tersebut merupakan acara pertama setelah diberlakukanya PPKM Covid-19 sejak dua tahun lalu.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang Samsun Hadi menjelaskan bahwa penukaran uang rupiah kecil telah disiapkan. Namun, penukaran uang dengan nominal 75.000 untuk sementara ini masih diberhentikan.

Ia juga menuturkan bahwa sebaiknya masyarakat tidak menukarkan uang di pinggiran jalan. Ia menghimbau kepada masyarakat supaya menukarkan uangnya ke Bank Indonesia resmi.

Masyarakat sudah tidak perlu kesulitan lagi dengan penukaran uang dikarenakan Bank Indonesia sudah menerapkan penukaran uang di beberapa titik. Selanjutnya Bank Indonesia Malang juga telah menyediakan layanan penukaran uang melalui aplikasi sehingga lebih mudah dan praktis .

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan penukaran uang pada bulan Ramadan dan Idul Fitri 1443 H, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang membuka layanan penukaran uang melalui Kas Keliling Ritel dengan jadwal sebanyak 4 kali, yaitu pada tanggal 7 dan 21 April 2022 di Markas Brimob Ampeldento Kabupaten Malang, serta tanggal 14 dan 28 April 2022 di Area Parkir Gedung Cakrawala Universitas Negeri Malang. Masyarakat yang ingin menukarkan uangnya pada Kas Keliling Ritel harus terlebih dahulu mendaftar secara online di aplikasi PINTAR dengan alamat http://pintar.bi.go.id. Sistem tersebut digunakan untuk menghindari kerumunan dan memberi kemudahan bagi masyarakat dengan hanya menunjukan bukti pemesanan beserta KTP sebagai proses verifikasi.

"Mohon di informasikan kepada masyarakat, Bank Indonesia khususnya Malang siap melayani penukaran uang," ujar Samsun pada selasa(12/04/2022).

Bank Indonesia Malang dijelaskan telah melakukan survey mengenai kegiatan usaha yang mana di Malang mengalami peningkatan dan pertumbuhan positif. Hal ini menunjukkan bahwa optimisme usaha masyarakat semakin membaik. Sehingga secara tidak langsung hal ini berhubungan dengan penukaran uang yang dibutuhkan oleh pelaku usaha.

Meskipun dewasa ini semua harga pokok naik, namun seperti yang kita ketahui jika Presiden Jokowi akan memberikan bantuan Blt sehingga diharapkan masyarakat tetap memiliki optimisme mengenai kemajuan usaha yang dimiliki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Bank Indonesia Malangheriyanto

Berita Lainnya

Berita

Terbaru