Gubernur Khofifah Indar Parawansa Resmikan Kampus UMKM Shopee ke-8 di Kota Malang

Apr 12, 2022 17:05
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (tengah) didampingi Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jajaran dan Ketua Dekranasda Jawa Timur Arumi Bachsin saat meresmikan Kampus UMKM Shopee Indonesia di Kantor UPT Pelatihan Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur di Perumahan BTU Kota Malang, Selasa (12/4/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (tengah) didampingi Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jajaran dan Ketua Dekranasda Jawa Timur Arumi Bachsin saat meresmikan Kampus UMKM Shopee Indonesia di Kantor UPT Pelatihan Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur di Perumahan BTU Kota Malang, Selasa (12/4/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa telah meresmikan Kampus Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Shopee Indonesia kedelapan di Kantor UPT Pelatihan Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur, yang berada di kawasan Perumahan Bulan Terang Utama (BTU), Kota Malang. 

Dalam peresmian tersebut, Khofifah didampingi oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Jawa Timur Andromeda Qomariah, Ketua Dewan Kreasi Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Timur Arumi Bachsin dan Direktur Ekskutif Shopee Indonesia Handhika Jahja. 

Hadirnya Kampus UMKM Shopee Indonesia ini bertujuan untuk mempermudah digitalisasi yang lebih banyak bagi para pelaku UMKM di Provinsi Jawa Timur, khususnya Kota Malang dan sekitarnya. 

Khofifah.

Lalu dengan adanya peningkatan keterampilan digital, para pelaku UMKM dapat semakin memperluas jangkauan pemasaran produk ke seluruh Indonesia yang dapat mendukung perkembangan ekonomi dan memperbesar peluang terciptanya lapangan pekerjaan di Jawa Timur.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan, pihaknya mengapresiasi langkah dan komitmen dari Shopee Indonesia dalam memberikan harapan baru untuk para pelaku UMKM, utamanya di Jawa Timur. 

Terlebih lagi, Khofifah menuturkan saat ini tantangan utama dalam mengembangkan UMKM adalah masalah permodalan dan pemasaran. "Dengan hadirnya Kampus UMKM Shopee, para UMKM Jawa Timur bisa mendapatkan harapan dan energi baru untuk bisa naik kelas, menjadi lebih besar, dan meluaskan jejaring," ungkap Khofifah, Selasa (12/4/2022). 

Orang nomor satu dilingkup Pemerintah Provinsi Jawa Timur tersebut meyakini bakal ada lompatan kinerja bagi para pelaku UMKM di Jawa Timur ketika sudah memiliki kepercayaan diri dan pemahaman untuk go online, serta meningkatkan pemasaran. 

"Apabila mereka mendapat penguatan melalui jejaring Kampus UMKM Shopee ini, rasanya dunia mereka akan terbuka," ujar Khofifah yang pernah menjabat sebagai Menteri Sosial RI ini. 

Selain itu, dalam catatan sementara terdapat 9,7 juta UMKM di Jawa Timur. Khofifah menjelaskan, dari 9,7 juta UMKM tersebut, sebanyak 80 persen produk UMKM memiliki pasar lokal, lalu 18 persen produk UMKM memiliki pasar regional dan nasional, serta 2 persen memiliki pasar global.

"UMKM adalah backbone ekonomi Jawa Timur dengan kontribusi terhadap PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) Jawa Timur mencapai 57,25 persen," ujar Khofifah. 

Khofifah.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM khususnya bagi masyarakat umum dan pelaku UMKM di Jawa Timur sejak Mei 202. Di mana pihaknya telah menghadirkan Kampus UMKM Shopee Indonesia di berbagai kota untuk membantu peningkatan keterampilan digital UMKM lokal agar lebih berdaya saing. 

"Potensi besar dari pelaku UMKM mendorong kami untuk terus memberikan dukungan terhadap akses digitalisasi UMKM, termasuk di Jawa Timur," kata Handhika. 

Pihaknya pun dengan bangga telah menghadirkan Kampus UMKM Shopee Indonesia yang kedelapan di Kota Malang ini sebagai solusi atas tantangan yang dihadapi para pelaku UMKM.

"Diharapkan, hadirnya Kampus UMKM Shopee Malang menjadi one-stop services untuk solusi jutaan UMKM lokal dan dapat memperkuat ekosistem digital yang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah," terang Handhika. 

Lebih lanjut, Kampus UMKM Shopee Indonesia Malang memiliki beberapa program pelatihan, fasilitas dan layanan yang tersedia secara gratis bagi seluruh UMKM. Mulai dari program pelatihan intensif hingga pendampingan pertumbuhan bisnis. Selain itu juga tersedia fasilitas gratis berupa studio foto, ruang live streaming, fasilitas penunjang yang dapat dimanfaatkan pelaku UMKM untuk pusat edukasi dan simulasi sistem gudang serta pameran produk. 

"Kampus UMKM Shopee Malang kami rancang untuk menjadi pusat pertumbuhan UMKM lokal. Mereka bisa datang ke sini untuk belajar, berjejaring dan memanfaatkan berbagai fasilitas untuk meningkatkan keterampilan bahkan penjualan mereka. Shopee hadir sebagai mitra UMKM Indonesia untuk terus tangguh, tumbuh, dan menciptakan dampak positif," pungkas Handhika. 

Sebagai informasi, dalam kunjungannya ke Kota Malang, Khofifah juga menyempatkan untuk menghadiri acara peluncuran produk terbaru Bulk Edukasi Juara di Jawa Timur yang bertempat di SMKN 1 Malang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
digitalisasi umkmGubernur Jawa TimurKhofifah Indar ParawansaPelaku UMKMdigitalisasi umkm jatimdigitalisasi umkm jatimumkm jatimBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru