Perbaikan Jembatan Sengkaling Tunggu Musim Kemarau

Apr 12, 2022 15:41
Juru Pengairan DPUSDA Provinsi Jatim Korwil Malang, Prasetyo saat memeriksa beberapa bagian jembatan.(Foto: Riski Wijaya/ MalangTIMES).
Juru Pengairan DPUSDA Provinsi Jatim Korwil Malang, Prasetyo saat memeriksa beberapa bagian jembatan.(Foto: Riski Wijaya/ MalangTIMES).

JATIMTIMES - Perbaikan Jembatan Sengkaling yang menghubungkan Desa Tegalgondo Kecamatan Karangploso dengan Desa Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang masih menunggu musim kemarau tiba. Pasalnya, di jembatan yang di bawahnya mengalir Sungai Brantas tersebut dinilai masih berpotensi untuk terjadi banjir lagi, mengingat cuaca yang masih cenderung hujan dengan intensitas yang tinggi. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, jembatan tersebut merupakan kewenangan Dinas Pekerjaaan Umum Sumber Daya Air (DPUSDA) Provinsi Jawa Timur. Dan sebenarnya memang tidak difungsikan sebagai jalan umum, namun untuk petugas atau juru pengairan dalam mengontrol pintu air. 

"Itu sebenarnya untuk pengoperasian pintu air oleh petugas, dan bukan jalan umum. Ini kan aliran Sungai Brantas. Namun memang sudah terlanjur digunakan warga jalan alternatif," ujar Juru Pengairan DPUSDA Provinsi Jatim Kantor Wilayah (Korwil) Malang, Prasetyo. 

Dirinya menjelaskan bahwa perbaikan jembatan tersebut sudah direncanakan. Dan rencana perbaikannya memang akan dilakukan agar masyarakat bisa kembali melintasi jalan tersebut. 

"Memang sudah mau dibangun, tapi masih nunggu musim kemarau, karena kalau hujan masih potensi banjir susulan. Dikembalikan semula biar warga bisa jalan, sekaligus petugas bisa mengoperasikan pintu air. Hanya cuma memperbaiki," terang Prasetyo. 

Untuk perbaikan tersebut, DPUSDA Provinsi Jawa Timur menyiapkan anggaran sebesar Rp 200 juta. Sementara itu, jembatan sepanjang 30 meter tersebut memang mengalami kerusakan di beberapa bagian, akibat terjangan banjir bandang yang terjadi pada 4 November 2021 lalu. 

"Dari panjang 30 meter itu yang perlu diperbaiki ada 12 meter. Itu badan jembatannya yang dari beton kan ada yang ambrol akibat besinya yang bengkok karena tertabrak material yang terbawa banjir. Selain itu penyangga jembatannya ada yang retak juga," jelas Prasetyo. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
jembatan sengkalingjembatan sengkaling putus

Berita Lainnya

Berita

Terbaru