Bupati Sanusi Minta Realisasi Pembangunan Harus Bertumpu pada Aspirasi Masyarakat

Apr 12, 2022 15:33
Bupati Malang HM. Sanusi.(Foto: Riski Wijaya/ MalangTIMES).
Bupati Malang HM. Sanusi.(Foto: Riski Wijaya/ MalangTIMES).

JATIMTIMES - Bupati Malang, HM. Sanusi meminta bahwa realisasi pembangunan harus bertumpu pada aspirasi masyarakat. Termasuk pembangunan yang berada di dalam lingkungan Pemerintah Desa (Pemdes).

Hal tersebut ia sampaikan saat membuka kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Desa dan Alokasi Dana Desa (DD-ADD) tahun 2022, Selasa (12/4/2022). Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga memastikan bahwa ADD yang bersumber pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (ADD) Kabupaten Malang bakal tersalurkan sebelum Hari Raya Idul Fitri tahun ini. 

Sosialisasi tersebut juga dimaksudkan untuk membina para kepala desa se Kabupaten Malang agar tidak ada permasalahan hukum di kemudian hari dalam mengelola keuangan desa. Dari catatan yang ia terima, pada tahun ini tidak ada desa atau kelurahan yang terkena jeratan hukum. 

"Pemkab Malang berharap percepatan pelayanan terhadap publik dan perencanaan pembangunan desa tepat guna, tepat sasaran dan cepat dilaksanakan dengan tanpa melakukan kesalahan. Proses evaluasi kemarin juga berjalan lancar dan baik sehingga tidak terjadi kesalahan yang fatal," jelas Sanusi.

Hal lain yang juga ia singgung dalam sosialisasi tersebut adalah pengalokasian ADD untuk insentif Ketua RT dan RW di masing-masing wilayah. Dana insentif tersebut nantinya bakal langsung disalurkan ke masing-masing Ketua RT dan RW melalui rekening yang sudah disiapkan petugas. 

''Pencairan akan dilakukan secepatnya. Minimal sebelum atau seminggu sebelum Lebaran karena dananya sudah ada tinggal teknis penyalurannya saja," imbuh Sanusi.

Dia berharap bahwa sosialisasi tersebut juga bisa menjadi komitmen bersama dalam rangka meningkatkan pemahaman seluruh Aparatur Pemerintahan Desa (Pemdes) di Kabupaten Malang. Terutama terkait pengelolaan keuangan desa yang mengacu pada Peraturan Bupati (Perbup) Malang momor 8 tahun 2022.

Untuk itulah dirinya menegaskan bahwa realisasi pembangunan, harus bertumpu pada aspirasi masyarakat. Sebab menurutnya, masyarakat desa yang menjadi sasaran dalam setiap program pemberdayaan masyarakat. 

Terlebih hal itu juga diharapkan dapat memberikan stimulan bagi masyarakat desa agar dapat bangkit menjadi masyarakat desa yang lebih mandiri. 

"Arah pemberdayaan masyarakat desa yang paling efektif dan lebih cepat untuk mencapai tujuan adalah dengan melibatkan masyarakat dan memaksimalkan peran pemerintah sebagai fasilitator dan motivator yang responsif memberikan prioritas kebutuhan masyarakat desa dalam alokasi anggaran sehingga mereka mampu memanfaatkan potensi daerah masing-masing," pungkas Sanusi. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
festival umkm kediriPemkab MalangBUPATI MALANG

Berita Lainnya

Berita

Terbaru