Lalai Membuang Putung Rokok, Rumah di Kota Batu Dilalap Si Jago Merah

Apr 12, 2022 15:14
Petugas saat melakukan pembasahan di Jalan Cemara Kipas Dalam Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Selasa (12/4/2022). (Foto: BPBD Kota Batu)
Petugas saat melakukan pembasahan di Jalan Cemara Kipas Dalam Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Selasa (12/4/2022). (Foto: BPBD Kota Batu)

JATIMTIMES - Kebakaran rumah terjadi di Jalan Cemara Kipas Dalam Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Selasa (12/4/2022). Si jago merah melalap sebuah kamar lantaran kelalaian saat membuang putung rokok.

Mendapati informasi kebakaran Regu Jaya dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, BPBD Kota Batu, Perangkat Desa Sidomulyo, Relawan BPBD Kota Batu serta warga setempat berupaya memadamkan kebakaran.

“5 unit mobil pemadam diterjunkan untuk melakukan pemadaman dan pembasahan di lokasi,” ungkap Kepala Bidang Pencegahan Kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Batu.

Akibat putung rokok itu, ruang kamar berukuran panjang 3 meter, lebar 2,5 meter, dan tinggi 3 meter terbakar, dan mengalami rusak berat. Serta atap dapur mengalami kerusakan sedang.

Kebakaran itu bermula akibat kelalaian dengan membuang puntung rokok sembarangan saat berada di dalam kamar. Bara dari puntung rokok tersebut memicu munculnya api sehingga terjadi kebakaran yang menghanguskan satu ruangan.

“Kebakaran terjadi karena kelalaian, kebiasaan merokok di atas kasur. Ditambah banyak sampah yang mudah terbakar,” ujar Santoso.

Dipicu adanya sampah di sekitar yang mudah terbakar membuat bara api membara. Namun untungnya petugas segera ke lokasi, sehingga tidak merambat ke ruang lainnya.

Sementara itu Kepala Pelaksana Tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu Agung Sedayu menambahkan, pasca kebakaran perlu dilakukan perbaikan dan pembangunan ruangan yang terbakar. “Kami juga akan memberikan bantuan logistik,” ucap Agung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kebakaran Kota BatuBPBD Kota BatuKebakaran rumah

Berita Lainnya

Berita

Terbaru