Segudang Manfaat Konsumsi Seduhan Bunga Telang

Apr 12, 2022 09:50
Seduhan Bunga Telang (Instagram @zaidulakbar)
Seduhan Bunga Telang (Instagram @zaidulakbar)

JATIMTIMES - Mungkin sudah banyak yang tahu tentang bunga telang. Bunga dengan warna biru keunguan ini memanglah bagus untuk menjadi penghias. Akan tetapi, tahukah jika bunga telang ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan manusia?

Dikutip dari akun Instagram resmi penceramah sekaligus dokter @zaidulakbar membenarkan, jika bunga ini memanglah memiliki manfaat dan bukan hanya sekedar menjadi bunga dengan keindahannya.

"Yaa, ngeliatnya aja bahagia. Diminum? Makin bahagia, kok bisa? Karena bunga telang ini merupakan bunga yang berlimpah antioksidan di dalamnya dan segudang manfaat lainnya dari bunga ini," jelasnya dalam unggahan di Instagram.

Lebih lanjut dijelaskannya, jika mengkonsumsi bunga telang melalui olahan minuman memiliki banyak manfaat. Diantaranya adalah, meningkatkan memori otak, mengurangi stres, memperbaiki suasana hati, meningkatkan kesehatan mata, membantu pengobatan kanker, membantu mengatasi asma, membantu penyembuhan diabetes dan menjaga kesehatan jantung.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, seseorang harus mengolahnya dengan benar. Prosesnya tidaklah sulit, bahkan sangat mudah. Hanya tinggal menyeduh bunga telang dan ramuan siap dikonsumsi.

Sebelum diminum, Zaidul juga menyampaikan,  jika olahan minuman bunga telang ini dapat dicampurkan dengan bahan lain yang tak kalah memiliki khasiat penting, seperti halnya madu.

"Tinggal seduh, tunggu sebentar. Lalu kasih madu atau jahe biar hangat ramuannya. Kalau mau manis, nggak dikasih madu juga ga papa, karena kita sudah yakin dengan kemanisan kita, kalau yakin ya," tulisnya diselipi dengan gurauan.

Selain dikonsumsi untuk diminum air seduhannya, bunga telang dijelaskan Zaidul dapat juga digunakan sebagai bahan pewarna alami. "Oh ya buat bikin sup, kolang kaling, rumput laut, dan buah lainnya, ini bisa jadi pewarna alaminya ya. Jadi cantik nanti sup buahnya," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
bunga telangmanfaat bunga telangdr zaidul akbar

Berita Lainnya

Berita

Terbaru