Perbaikan Jalan Rusak di Pagak Tunggu JLS Rampung

Apr 11, 2022 18:30
Kondisi jalan di Desa Sumberejo, Kecamatan Pagak, yang masih menunggu perbaikan.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Kondisi jalan di Desa Sumberejo, Kecamatan Pagak, yang masih menunggu perbaikan.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Kerusakan sejumlah ruas jalan di sekitar Gunung Geger, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang, diperkirakan akan diperbaiki  tahun ini. Namun secara detail masih belum dapat dipastikan kapan pekerjaan perbaikan tersebut  dilakukan. 

Camat Pagak Ichwanul Muslimin mengatakan bahwa pada tahun ini, telah ada 3 titik jalan rusak yang diajukan untuk mendapat perbaikan. Menurut dia, saat ini  perbaikan tersebut sudah dalam proses lelang. 

"Sudah kami ajukan untuk perbaikan. Ada tiga titik. Tapi pastinya belum tahu kapan dikerjakan. Sekarang kabarnya sudah masuk proses lelang. Semoga saja bisa tahun ini," ujar Ichwanul. 

Ichwanul menyebut, jika ditotal, tiga titik ruas jalan yang diajukan untuk mendapat perbaikan tersebut kurang lebih sepanjang 6 kilometer. Perbaikan tersebut juga tidak seluruhnya akan dilakukan pengaspalan secara utuh. Namun ada beberapa titik yang cukup dilakukan sapu lubang.

"Kalau per titiknya, ada yang satu sampai dua kilometer. Tapi perbaikannya ada yang beberapa disalob (sapu lubang)," imbuh Ichwanul. 

Sebagai informasi, jalur tersebut merupakan salah satu jalur untuk dapat menuju kawasan jalur lintas selatan (JLS). Ichwanul juga memperkirakan bahwa kerusakan yang terjadi di ruas jalan tersebut diakibatkan kendaraan bertonase besar yang mengangkut material pembangunan JLS. 

Sementara untuk pembangunan JLS tahap II, hingga akhir 2021 lalu, baru sepanjang 18 kilometer yang rampung dari total sepanjang 23 kilometer. Kekurangan sekitar 4 sampai 5 kilometer ini titiknya mulai di Kecamatan Donomulyo hingga perbatasan Kabupaten Blitar. 

Dengan demikian, menurut Ichwanul, tidak tertutup kemungkinan bahwa perbaikan jalan tersebut akan dilakukan setelah pembangunan JLS hingga perbatasan Kabupaten Blitar rampung dikerjakan. Namun pihaknya tetap berharap agar rencana yang sudah masuk agenda pengerjaan bisa tetap dilakukan tahun ini. 

"Insya Allah tahun ini karena itu sudah jadi bagian yang dilelang. Jadi, rampungnya JLS itu jadi salah satu faktor. Namun kalau rencananya sudah masuk, kan tetap harus dilaksanakan," terang Ichwanul. 

Sembari menunggu perbaikan tersebut dilakukan secara menyeluruh, Pemerintah Kecamatan Pagak juga mengajukan agar bagian bahu jalan di ruas jalan tersebut dicor. Menurut dia, setidaknya hal tersebut bisa membantu memperkuat struktur jalan. 

"Kalau yang lewat di Srigonco (Kecamatan Bantur)!itu kan sudah selesai JLS,-nya. Ini yang dari Bantur menuju Donomulyo sampai ke perbatasan Blitar kan belum selesai. Jadi,  saya ajukan untuk dicor dulu pinggirnya, sambil nunggu kuat baru diaspal semua," pungkas Ichwanul. 

Untuk pelaksanaannya, pihak Kecamatan Pagak masih menunggu keputusan dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kecamatan Pagak Kabupaten MalangInspeksi pembangunan jalanJalur Lingkar Selatan (JLS)Jalan Rusak

Berita Lainnya

Berita

Terbaru