Rampung 100 Persen, Pelebaran Aliran Sungai Pasca Banjir Bandang di Kota Batu Tunggu Serah Terima

Apr 11, 2022 17:21
Petugas saat mengecat jembatan di Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Petugas saat mengecat jembatan di Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Proses pembangunan pelebaran sungai pasca banjir bandang di Kota Batu pada November 2021 silam akhirnya rampung dikerjakan dalam tiga bulan. Pelebaran aliran Kali Sambong di Desa Bulukerto, Bumiaji, Kota Batu tersebut selesai pada akhir Maret lalu.

“Pengerjaan proyek di Kali Sambong sudah selesai 100 persen,” kata Pelaksana Lapangan PT Wijaya Karya (PT Wika), Aditya Permana.

Pelebaran aliran sungai di Dusun Sambong ini dilakukan dari yang semula 4 meter menjadi 7 meter. Pelebaran tersebut tidak dilakukan di sepanjang aliran sungai, namun terbagi menjadi empat titik.

Titik 0 dimulai di Gunung Pucung hingga di hilir Sungai Brantas di Jalan Dieng, Desa Bumiaji, Kota Batu. “Di masing-masing titik itu dibangun jembatan,” imbuh Adit.

Saat proses pelebaran juga dibangun plengsengan agar nantinya ketika terjadi hujan ekstrem tidak ada penggerusan tanah. Selain plengsengan, upaya mencegah terjadinya sedimentasi ini juga dilakukan dengan pemasangan bronjong yang disusun menyerupai terjunan.

Terdapat dua terjunan yang dirancang di badan sungai di titik 2 dan titik 3. Terjunan itu dibuat seperti air terjun untuk mengerem laju air.

“Terjunan ini nanti bisa dibuat di permukaan yang memiliki kemiringan terjal. Fungsinya agar dasar sungai tak tergerus arus,” jelas Adit.

Tahapan selanjutnya yang harus dilakukan pihaknya adalah serah terima ke Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas selaku pengelola. “Dalam waktu dekat proses akan diserahterimakan ke BBWS Brantas selaku pengelola,” tutup Adit.

Sementara itu, terlihat Senin (11/4/2022) petugas masih beraktivitas melakukan finishing pelebaran sungai tersebut. Finishing yang dilakukan dengan mengecat jembatan agar terlihat rapi dan indah jika dipandang.

Di sisi lain beberapa alat berat masih berada di lokasi pembangunan. Sementara petugas menyelesaikan finishing, tidak semua jalur dibuka, ada yang sudah buka dibeberapa titik ada juga yang ditutup. Sementara jalur yang sudah dibuka bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Pelebaran SungaiSungai BrantasKota Batubanjir bandangbanjir bandang kota batuberita kota batuBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru