Aksi Demo Mahasiswa Sempat Terlibat Aksi Dorong dengan Aparat, Ini Sebabnya

Apr 11, 2022 13:15
Aksi demo mahasiswa, Senin (11/4/2022) (Foto: YouTube Kompas TV)
Aksi demo mahasiswa, Senin (11/4/2022) (Foto: YouTube Kompas TV)

JATIMTIMES - Aksi demo Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) sudah dimulai di kawasan Jalan TB Simatupang, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Senin (11/4/2022) siang. Awalnya, para mahasiswa ini akan bergerak melakukan aksi demo di gedung DPR RI. 

Namun, rencana itu rupanya dibatalkan sendiri oleh mereka. Para mahasiswa memutuskan untuk memusatkan aksi unjuk rasa di kawasan Jalan TB Simatupang. 

Dipantau JatimTIMES.com melalui tayangan live Kompas TV di YouTube, demo mahasiswa ini sempat terlibat aksi dorong dengan aparat polisi. Hal itu terjadi karena mahasiswa ingin menerobos ke kawasan ruas tol di kawasan Pasar Rebo. 

"Namun, dilarang polisi sehingga terjadi saling dorong mendorong antara petugas dengan mahasiswa," ujar jusrnalis Kompas TV Ardi Praseno. 

Jurnalis Kompas TV menyebut bahwa ada ratusan mahasiswa dari Universitas Indraprasta (UNINDRA) yang mengikuti aksi demo tersebut. Saat ini, petugas pun melakukan penjagaan untuk menghalau aksi mahasiwa agar tidak menerobos dalam ruas tol.

Seperti diketahui, lebih dari 1.400 personel gabungan disiagakan untuk mengawal aksi demonstrasi hari ini. Ardi menerangkan, dengan situasi yang terkendali saat ini mahasiswa telah menyampaikan 4 tuntutan. 

Empat tuntutan itu adalah: 

1. Mendesak dan menuntut wakil rakyat agar mendengarkan dan menyampaikan aspirasi rakyat bukan aspirasi partai.
2. Mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menjemput aspirasi rakyat sebagaimana aksi massa yang telah dilakukan dari berbagai daerah dari tanggal 28 Maret hingga 11 April 2022.
3. Mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk tidak mengkhianati konstitusi negara dengan melakukan amandemen, bersikap tegas menolak penundaan Pemilu 2024 atau massa jabatan 3 periode.
4. Mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menyampaikan kajian disertai 18 tuntutan mahasiswa kepada Presiden yang hingga saat ini belum terjawab.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
tuntutan mahasiswaDemo Mahasiswademo di jombang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru