Longsor Kepung Desa Gunungsari Kota Batu

Apr 11, 2022 10:08
Salah satu longsor yang terjadi di ruas jalan menuju Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kota Batu. (Foto: BPBD Kota Batu)
Salah satu longsor yang terjadi di ruas jalan menuju Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kota Batu. (Foto: BPBD Kota Batu)

JATIMTIMES - Tiga titik tanah longsor berada di Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Dari titik tanah longsor tersebut, rata-rata menimpa lahan milih warga, Minggu (10/4/2022)

“Faktor longsor karena hujan dengan intensitas tinggi di Kecamatan Bumiaji,” ucap Kepala Pelaksana Tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu Agung Sedayu, Senin (11/4/2022)

Selain itu lanjut Agung lantaran kondisi tanah yang jenuh juga tidak adanya tanaman penyangga. Alhasil seperti milik Budi warga Dusun Jantur mengalami longsor. Tanah longsor dengan dimensi panjang 7 meter, lebar 2,5 meter, dan tinggi 5 meter, material longsor menutup separuh badan jalan dan saluran drainase. Akibatnya material longsor menutup separuh akses jalan menuju Dusun Jantur–Brau.

Parit saluran drainase di tepi jalan tertutup material longsor. Serta ruas jalan terkikis aliran air dan retak dengan dimensi panjang 2,5 meter dan lebar 0,5 meter. Kemudian di titik lainnya di Jalan Margomulyo (Akses jalan menuju Dusun Brau), Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji. Longsornya tebing di lahan milik Maryono warga Dusun Brau.

Tanah longsor dengan dimensi panjang 4 meter, lebar 2 meter dan tinggi 4 meter, material tanah longsor menutup separuh badan jalan dan mengganggu akses jalan.

Serta longsor juga melanda lahan milik Usman da Nakhrawi warga Dusun Claket. Tanah longsor dengan dimensi panjang 7 meter, lebar 2 meter dan tinggi 3 meter. Menyebabkan material longsor menutup sebagian saluran drainase milik warga. Sementara satu kandang milik Hari yang berada di atas lahan miliknya mengalami kerusakan berat karena terkikis aliran air dari saluran drainase.

“Pembersihan material longsor yang menutup jalan dan saluran drainase telah dilakukan oleh petugas,” ujar Agung.

Agung pun mengimbau kepada pengguna jalan untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama saat hujan intensitas tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
longsor kota batuBPBD Kota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru