Kisah Gelar Abu Bakar yang Diberikan Rasulullah

Apr 11, 2022 09:32
Sumber gambar : facebook.com/Perjalanan suci menuju ati fb illah
Sumber gambar : facebook.com/Perjalanan suci menuju ati fb illah

JATIM TIMES - Dalam tradisi bangsa Arab dikenal dengan yang namanya laqab (julukan). Salah satu fungsi laqab disematkan pada seseorang adalah sebagai bentuk pujian atas keluhuran tabiatnya. Syekh Yahya bin Syarafuddin al-Imrithi mengatakan dalam petikan nadham Imrithi-nya, “Isim yang menunjukkan sanjungan atau hinaan disebut alam laqab, dan alam asma tidak menunjukkan makna hinaan atau pun sanjungan (nama biasa).”

Salah satu kebiasaan Nabi Muhammad SAW adalah memberikan julukan-julukan yang unik sebagai pujian bergantung pada keunggulan masing-masing sahabat. Sebagai sahabat Nabi yang paling utama, Abu Bakar juga memiliki julukan khusus, yaitu ash-Shiddiq

Berikut penjelasan arti serta alasan penyematan kedua julukan tersebut.

Setelah Nabi Menceritakan kisah Isra Mi'raj di Masjid. Beberapa dari mereka langsung menemui Abu Bakar, sahabat terdekat Nabi untuk memberitahunya dan mengetahui apa reaksinya nanti. 

Melansir laman aboutislam.com, Abu Bakar pertama kali menuduh mereka membawakannya cerita palsu. Ketika mereka meyakinkannya bahwa Muhammad sebenarnya mengaku telah melakukan perjalanan kembali ke Yerusalem dalam semalam.

Ketika mereka mengungkapkan keheranan mereka bahwa dia akan mempercayai cerita yang begitu unik, Abu Bakar berkata.  “Apa yang begitu mengejutkan? Saya percaya padanya ketika dia mengatakan sesuatu yang bahkan lebih tidak bisa dipahami. Dia bilang dia menerima wahyu dari Allah dan saya percaya padanya.”

Abu Bakar kemudian pergi ke masjid di mana orang-orang masih berkumpul di sekitar Nabi menyatakan ketidakpercayaan mereka. Dia bertanya kepada Nabi apakah dia membuat pernyataan bahwa dia pergi ke Yerusalem dan kembali pada malam yang sama. 

Ketika dia mendengar jawaban setuju Nabi, Abu Bakar berkata, “Saya percaya Anda, kamu selalu mengatakan yang sebenarnya.” 

Kemudian dia meminta Nabi untuk menggambarkan Yerusalem. Saat Nabi melanjutkan uraiannya, Abu Bakar terus mengulangi kata-katanya, “Saya percaya Anda, kamu selalu mengatakan yang sebenarnya.” 

Nabi sangat senang dengan Abu Bakar sehingga dia memberinya gelar As-siddiq yang berarti 'seorang mukmin sejati dan teguh'. Ini adalah gelar yang paling dihargai Abu Bakar yang dia pertahankan selama sisa hidupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
cerita abu bakar dapat gelarash shiddiqceramah cak nun

Berita Lainnya

Berita

Terbaru