Jelang Lebaran 2022, Polresta Malang Kota Siapkan 6 Pospam dan Tempat Vaksinasi

Apr 10, 2022 20:16
Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto saat ditemui awak media di Mapolresta Malang Kota beberapa waktu lalu. (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto saat ditemui awak media di Mapolresta Malang Kota beberapa waktu lalu. (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Polresta Malang Kota telah menyiapkan skema enam pos pengamanan (pospam) dan satu pos pelayanan di beberapa titik yang ada di Kota Malang. 

Hal itu disampaikan langsung oleh Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto. Perwira polisi yang akrab disapa Buher itu mengatakan, di enam titik pospam dan satu titik posyan akan disiapkan aparat gabungan dari unsur TNI/Polri dan pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. 

"Itu sebagai wujud kita melayani masyarakat yang melaksanakan mudik. Nanti juga kita akan menyiapkan di pospam-pospam ada (tempat) vaksin," ungkap Buher kepada JatimTIMES.com. 

Sementara itu, Kabag Ops Polresta Malang Kota Kompol Supiyan menjelaskan, sebanyak enam pospam dan satu posyan tersebar di beberapa titik. Di mana penentuan titik tersebut mengacu pada hasil evaluasi pengamanan Hari Lebaran 2021. 

"Pospam di Jembatan UB, pos eks PDAM, di Terminal Arjosari, di pertigaan kacuk, jalan ijen besar, di gribig. Pos pelayanannya nanti ada di stasiun kereta api. Karena kita harus melayani pemudik yang menggunakan transportasi kereta api," jelas Supiyan. 

Disinggung mengenai jumlah dosis dan jenis vaksin Covid-19 yang nanti akan disediakan di masing-masing pospam, Supiyan mengatakan akan melakukan koordinasi lebih lanjut dengan Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif.

Terlebih lagi pihak Polresta Malang Kota juga akan mengaktifkan kembali layanan vaksinasi secara mobile menggunakan armada Arema Police Sobo Kelurahan yang digagas oleh Satlantas Polresta Malang Kota. Salah satu titiknya di halaman Stadion Gajayana. 

Namun, saat ini Polresta Malang Kota sedang merumuskan mekanisme pelaksanaan vaksinasi jika memadai dilaksanakan malam hari dan secara mobile. Karena tenaga kesehatan yang dimiliki juga terbatas. 

Lebih lanjut, disinggung mengenai apakah ada penyekatan di perbatasan Kota Malang dengan wilayah Kabupaten Malang dan Kota Batu, Supiyan mengaku masih menunggu petunjuk dari satuan atas dalam hal ini Mabes Polri. Namun yang jelas akan dilakukan pengecekan secara berkala terkait kelengkapan vaksinasi para pemudik. 

"Nanti kan ada petunjuk dari satuan atas, dari Mabes Polri kemudian dari Polda," pungkas Supiyan. 

Sebagai informasi, pemerintah telah mengumumkan bahwa libur dan cuti bersama Hari Lebaran 2022 akan berlangsung sejak 29 April hingga 8 Mei 2022. Artinya akan ada arus mudik yang cukup lama di momentum Lebaran 2022 kali ini. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
pos pengamanan lebaranPolresta Malang Kotaberita kota malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru