Bagus Dikonsumsi saat Berbuka Puasa, Ternyata ini Kandungan dan Manfaat Kurma Sesungguhnya

Apr 10, 2022 14:02
Buah kurma.(foto: istimewa)
Buah kurma.(foto: istimewa)

JATIMTIMES - Kurma menjadi salah satu jenis buah yang paling populer saat memasuki bulan Ramadan seperti saat ini.

Buah yang berasal dari Timur Tengah itu selalu menjadi buruan masyarakat, khususnya bagi umat muslim untuk dikonsumsi pada saat berbuka puasa maupun waktu sahur.

Ya, mengkonsumsi buah kurma selain dipercaya dapat membantu proses metabolisme tubuh setelah menjalankan ibadah puasa seharian, memakan kurma pada saat berbuka puasa memang dianjurkan berdasarkan Alqur'an dan hadis. 

Seperti yang tertera pada HR. Ahmad, Abu Dawud, yang berbunyi "Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka dengan kurma basah (ruthab), jika tidak ada ruthab maka berbuka dengan kurma kering (tamr), jika tidak ada tamr maka minum dengan satu tegukan air".

Sementara itu, menurut Dosen Akademi Gizi Karya Husada Kediri, Mirthasari Palupi, S.ST., M.Kes mengatakan, bahwa kurma memiliki kandungan karbohidrat sederhana yang berfungsi untuk memulihkan tenaga setelah berpuasa.

Menurut Mirta, dalam proses metabolisme tubuh yang terjadi pada orang berpuasa itu yang dipecah ialah glikogen atau sisa-sisa karbohidrat yang disimpan oleh tubuh manusia di dalam hati dan otot yang berupa glikogen.

"Nah, pada saat kita berpuasa, cadangan glikogen inilah yang dipecah, kemudian yang paling cepat untuk mengembalikan energi yang terpecah tadi salah satunya bisa didapat dari karbohidrat yang sederhana, dan itu ada pada kandungan di dalam buah kurma," ungkapnya.

"Sunahnya demikian, disebutkan untuk dikonsumsi dalam jumlah ganjil yaitu 1, 3, atau 5 buah," ujarnya.

Seperti buah lainnya, lanjut Mirthasari, kurma juga mengandung air. Buah kurma ini sangat baik terutama untuk penderita kencing manis.

"Kurma ini juga termasuk buah, jadi pasti ada komponen airnya walaupun kecil. Ini bisa menjadi pilihan utama, terutama pada orang yang mempunyai masalah dengan kencing manis dibandingkan dengan hal-hal yang manis lainnya, seperti yang terbuat dari gula," terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
buah kurmakurmamanfaat kurma

Berita Lainnya

Berita

Terbaru