Hukum Sikat Gigi Saat Puasa, Boleh atau Dilarang? 

Apr 10, 2022 08:16
Sumber gambar : instagram.com/@Pinocchio
Sumber gambar : instagram.com/@Pinocchio

JATIMTIMES - Menjaga kebersihan saat puasa merupakan sebagian dari iman. Namun, bagaimana jika saat berpuasa anda hendak menjaga kebersihan mulut dengan cara menggosok gigi.

Apakah gosok gigi saat berpuasa dapat membatalkan puasa? Seperti diketahui, salah satu yang bisa membatalkan puasa adalah memasukkan sesuatu ke mulut dengan sengaja dan menelannya, serta sadar bahwa sedang melakukan puasa. Berikut penjelasannya. 

Kebanyakan orang sering mengalami kebingungan ketika hendak menyikat gigi saat berpuasa. Sehingga mereka menjadikan puasa sebagai alasan untuk tidak menyikat gigi. Padahal, menurut kesehatan tidak menyikat gigi saat berpuasa justru akan menimbulkan dampak yang tidak baik. 

Dilansir dari laman tanyapepsodent.com tidak menyikat gigi justru akan memberi ruang bagi bakteri di dalam mulut kita. Sebagai gerbang pertama kesehatan tubuh, mulut memerlukan perhatian yang lebih, apalagi saat kita berpuasa.

Karena tidak makan ataupun minum seharian, produksi air liur akan menurun sehingga mulut pun akan menjadi lebih kering dari biasanya. Alhasil, bakteri akan lebih mudah berkembang di dalam mulut. Bukan hanya dapat memicu kerusakan gigi, bakteri tersebut juga dapat menghasilkan gas yang berbau tidak sedap.

Menyikat gigi saat berpuasa tidak boleh sembarangan. Ada waktu-waktu tertentu yang dianjurkan untuk menyikat gigi agar tidak membatalkan puasa. Sebaiknya menyikat gigi saat bulan puasa dilakukan setelah sahur dan berbuka.

Namun, jika anda ingin melakukannya di siang hari sebaiknya tidak melakukan kumur hingga mencapai tenggorokan. Kendati demikian menyikat gigi selain para waktu sahur dan berbuka tetap dikembalikan pada niat masing-masing. 

Beberapa ulama memiliki pendapat yang berbeda-beda. Salah satunya adalah Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah Cholil Nafis menjelaskan, menyikat gigi di siang hari saat Ramadan tidak membatalkan puasa.

Menurutnya, menyikat gigi di siang hari sangat dianjurkan bagi mereka yang ingin membersihkan gigi dan mulut. Kendati demikian, hukum menyikat gigi di siang hari saat berpuasa adalah makruh. 

Sebagai informasi, hukum makruh merupakan suatu perbuatan yang apabila ditinggalkan mendapat pahala, dan apabila dikerjakan tidak mendapat siksa. Makruh ini menunjukkan larangan yang tidak tetap. 

Sedangkan Menurut Ustadz Das’ad Latif, hukum orang yang melakukan sikat gigi saat sedang Puasa Ramadan adalah mubah atau boleh. Namun, akan menjadi makruh ketika orang tersebut menggosok gigi menggunakan odol.

Dalam penjelasan Ustadz Das'ad Latif memperbolehkan menyikat gigi disiang hari tanpa pasta gigi. Namun, dia menyarankan untuk berhati-hati saat membersihkan mulut dan gigi menggunakan pasta gigi. Sebab, hukumnya menjadi makruh alias disarankan untuk tidak dilakukan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
sehat saat puasapuasa Ramadantas lebaran

Berita Lainnya

Berita

Terbaru