Antisipasi Kemacetab Lebaran, Buka Tutup Jalur Diberlakukan di Kota Batu

Apr 09, 2022 16:54
Kepadatan di Jalan Ir Soekarno menuju simpang tiga Pendem. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Kepadatan di Jalan Ir Soekarno menuju simpang tiga Pendem. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Rekayasa lalu lintas bakal dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan di Kota Batu pada momen  Hari Raya Idul Fitri. Rencananya, buka tutup jalur bakal dilakukan di beberapa titik.

Hal tersebut telah dibahas dalam Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kota Batu beberapa saat lalu. Rekayasa lalu lintas itu dilakukan demi mengurai kepadatan, khususnya di area menuju tempat wisata.

Rencana buka tutup jalur juga dilakukan karena melihat sebelum Ramadan, di akhir pekan terjadi kepadatan lantaran longgarnya beberapa kebijakan di tengah pandemi covid-19. Bahkan, kepadatan tinggi terjadi di beberapa titik sepeeti di simpang tiga Pendem, kawasan taman makam pahlawan, dan  Alun-Alun Kota Batu.

“Kawasan tersebut masih berpotensi macet cukup parah,” ucap Kanit Turjawali Satlantas Polres Batu Ipda M. Huda.

Solusi lainnya, petugas akan memecah kepadatan arus di ruas jalan sekitaran Jatim Park 3. Saat keluar dari Jatim Park 3, wisatawan tidak diperkenankaan untuk langsung berbelok kanan. namun harus berbelok ke kiri.

Polres Batu juga akan  mendirikan sejumlah pos penjagaan dan pengamanan di beberapa titik. Pospam akan didirikan di 5 titik, yakni simpang tiga Pendem, pos Garuda, Sumber Brantas, Dewi Sartika Pesanggrahan dan pos Kambal yang berada di Ngantang, Kabupaten Malang.

“Untuk pos pantau akan didirikan di lima titik juga.  Yakni di pos pantau Selecta, Santera Pujon, Jatim Park 1, Jatim Park 2 dan Baloga,” tambah Huda.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu Imam Suryono menambahkan, untuk skema pengaturan lalu lintas ini, pihaknya akan menerapkan one way (satu jalur).  “One way harus diterapkan, karena Kota Batu butuh ini,” ujar Imam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
lalu Lintas Kota BatuMasalah rumah di sempadan sungaiPolres BatuDishub Kota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru