Ridwan Kamil Bagi Resep Agar Media Sosial Banyak Dikomen Warganet, Ternyata ini Rahasianya

Apr 09, 2022 15:33
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto: Screenshot)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto: Screenshot)

JATIMTIMES - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memang selalu mencuri perhatian publik. Terlebih melalui media sosial (medsos) miliknya. Pria yang akrab disapa Kang Emil ini kerap memposting sesuatu yang mengundang banyak komentar warganet. 

Ridwan Kamil pun membagikan tips bagaimana caranya agar postingan di media sosial bisa mendapat banyak komentar dari warganet. Hal itu ia sampaikan dalam sebuah video yang diunggah oleh akun TikTok @calonpresidenku.

Ridwan Kamil mengetakan jika saat bermain medsos, proporsinya 30 persen untuk lucu-lucuan dan 70 persen untuk edukasi. Menurut Ridwan Kamil, medsos bisa digunakan kepala daerah untuk kepentingan banyak hal. 

Seperti dari menampilkan agenda sehari-hari hingga menjadi sarana edukasi bagi warga.

"Kalau saya di medsos itu empat, pertama buat nampilin agenda, kedua untuk klarifikasi, ketiga edukasi, keempat untuk lucu-lucuan," ujar Ridwan Kamil. 

Selain itu, ia juga meminta kepala daerah agar bisa membuat postingan menarik dengan bahasa ringan dan humoris. Artinya tak selalu postingan bersifat resmi, tapi juga disisipkan beberapa humor maupun guyonan agar lebih menarik perhatian. 

"Orang Indonesia itu lebih suka yang postingan humoris dan itu sudah saya buktikan. Saat akan melakukan Adipura saya posting kalimat "hey warga Bandung siap-siap kita raih Adipura buanglah sampah pada tempatnya", respons masyarakat hanya 500. Tapi pas saya ganti dengan "hey warga Bandung siap-siap kita raih Adipura, buanglah sampah pada tempatnya, buanglah mantan pada temannya", yang komen 5.000," cerita Ridwan Kamil. 

Ia lantas menyatakan bahwa Gubernur Jabar mendorong agar kepala daerah di Jawa Barat lebih interaktif di medsos. Ridwan Kamil menyebut bahwa saat ini pejabat harus memiliki media sosial, sebab di era teknologi digital saat ini sangat penting. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Ridwan KamilMedia SosialTinjau lokasi longsor

Berita Lainnya

Berita

Terbaru