Siap-siap, BLT Minyak Goreng Rp 300 Ribu Bakal Cair Minggu Depan Lewat Kantor Pos

Apr 09, 2022 14:53
Ilustrasi (Foto: IDX Channel)
Ilustrasi (Foto: IDX Channel)

JATIMTIMES - Pemerintah telah mengumumkan memberikan BLT minyak goreng sebesar Rp 300 ribu untuk 3 bulan. Bantuan tersebut untuk membantu masyarakat meringankan beban di tengah tingginya harga minyak goreng.

Kementerian Sosial mengumumkan penyaluran BLT minyak goreng ini dilakukan April 2022, berbarengan dengan penyaluran program sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Penyaluran BLT minyak goreng ini disebut akan dilakukan melalui PT Pos Indonesia.

"Indeks bantuan Rp 100.000/bulan selama tiga bulan April Mei, Juni yang disalurkan sekaligus Rp 300.000," tulis Instagram @kemensosri, dikutip Sabtu (9/4/2022).

Terkait jadwal cairnya BLT minyak goreng juga dijelaskan oleh Sekretaris Kementerian Koordinator Perekonomian Susiwijono Moegiarso. Ia mengatakan BLT minyak goreng akan cair minggu depan.

Susiwijono menjelaskan, penyaluran BLT minyak goreng dilakukan secara bertahap sampai tanggal 21 April 2022. Dengan begitu penyalurannya diharapkan dapat selesai sebelum Lebaran sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"BLT minyak goreng tersalur pada bulan Ramadan atau paling lambat setidaknya seminggu sebelum Lebaran bisa kita realisasikan bersama-sama," kata Susiwijono. 

Sedangkan, untuk target penerimanya dibagi menjadi 2 rumpun. Pertama rumpun yang termasuk dalam daftar BNPT dan PKH. 

Rumpun ini tanggung jawab Kementerian Sosial, di mana alokasi anggaran senilai Rp 6,2 Triliun untuk menyasar 20,65 juta orang.

Kemudian rumpun kedua, BLT minyak goreng juga disalurkan kepada 2,5 juta pedagang kaki lima warung (PKLW) makanan. Penyaluran ini dilakukan secara langsung oleh TNI/Polri di total 540 kabupaten/kota.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
kebijakan minyak gorengminyak gorengharga minyak gorenghibah unikamaPresiden Joko Widodo

Berita Lainnya

Berita

Terbaru