DPRD Kota Malang Dorong Pemerintah Berikan Stimulan untuk Pelaku UMKM

Apr 09, 2022 13:44
Ketua Komisi B DPRD Kota Malang Trio Agus Purwono. (Foto: instagram @sam_trioagus)
Ketua Komisi B DPRD Kota Malang Trio Agus Purwono. (Foto: instagram @sam_trioagus)

JATIMTIMES - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang terus mendorong pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Malang agar memberikan stimulan kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Malang.

Terlebih lagi, di tengah kondisi pandemi Covid-19 dan bangkitnya perekonomian masyarakat, perlu ada beberapa terobosan dari Pemkot Malang yang tepat dan terukur agar para pelaku UMKM dapat bergeliat kembali. 

Ketua Komisi B Bidang Perekonomian dan Keuangan DPRD Kota Malang Trio Agus Purwono mengatakan, seiring dengan kegiatan ekonomi masyarakat dan pelaku UMKM di Kota Malang yang mulai normal serta perlahan bangkit di tengah pandemi Covid-19, masyarakat dan para pelaku UMKM bisa merasakan dampak dari stimulan yang diberikan Pemkot Malang. 

"Entah itu melakukan pendampingan, pelatihan, kemudian membantu pemasaran bagi mereka, baik itu menggandeng pihak-pihak yang bisa membantu mereka untuk tetap eksis," ungkap Trio kepada JatimTIMES.com. 

Anggota dewan dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menyampaikan, selain bantuan pendampingan, pelatihan hingga pemasaran produk UMKM, pihaknya menyarankan agar Pemkot Malang juga dapat memberikan bantuan permodalan.

"Terutama kalau usaha kecil itu kan (yang dibutuhkan) permodalan ya, ya itu mungkin ada gebrakan dari pemkot yang kita harapkan masyarakat bisa terbantu kesitu," terang Trio.

Sementara itu, ketika disinggung mengenai apakah efektif kegiatan bantuan pemasaran digital yang sempat digaungkan oleh Pemkot Malang, Trio yang merupakan anggota dewan berasal dari daerah pemilihan (dapil) Lowokwaru ini mengatakan belum sepenuhnya efektif. 

"Kalau saya pikir belum sepenuhnya efektif, karena memang ini kan berkaitan dengan respon pasar. Karena pasti pemerintah fokusnya sebagai regulator ya dia tidak bisa juga menjadi ekskutor yang memaksimalkan itu," ujar Trio. 

Sehingga menurutnya, perlu ada konsep kolaborasi antara pihak Pemkot Malang dengan penyedia marketplace. Hal itu nantinya akan memudahkan Pemkot Malang untuk memberikan fasilitas UMKM secara efektif dan efisien perihal pemasaran produk, serta distribusi produk UMKM.

"Yang itu (marketplace) juga perlu diajak senantiasa agar mereka juga bisa menggandeng para pelaku UMKM. Baik itu yang di UKM maupun PKL maupun yang di pasar. Karena itu akan bisa membantu pemasaran mereka secara online," tutur Trio. 

Sementara itu, tidak lupa pihaknya juga terus mengimbau kepada masyarakat luas, di tengah bangkitnya perekonomian masyarakat, juga harus diantisipasi penyebaran Covid-19 dengan mengikuti program vaksinasi, serta penerapan protokol kesehatan secara ketat. 

"Artinya keinginan kita beraktivitas seperti biasanya, ditambah kemampuan daya tahan tubuh masyarakat terbentuk kekebalan komunal, itu yang kita harapkan," pungkas Trio.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
DPRD Kota MalangKota MalangPelaku UMKMBerita MalangBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru