Lagi, Kali Paron Kota Batu Meluap, 8 Rumah Diterjang Banjir

Apr 08, 2022 19:39
Kondisi banjir di Dusun Beru, Desa Banaran, kecamatan Bumiaji, Jumat (8/4/2022). (Foto: istimewa)
Kondisi banjir di Dusun Beru, Desa Banaran, kecamatan Bumiaji, Jumat (8/4/2022). (Foto: istimewa)

JATIMTIMES - Setiap kali hujan deras mengguyur Kota Batul,  Kali Paron kerap menjadi langganan banjir. Kali ini ada delapan rumah terdampak akibat banjir luapan di Dusun Beru, Desa Banaran, kecamatan Bumiaji, Jumat (8/4/2022).

“Hujan dengan intensitas tinggi di Kecamatan Bumiaji menyebabkan naiknya debit air kali paron,” ucap Kepala Pelaksana Tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Koya Batu, Agung Sedayu.

Alhasil, air berwarna cokelat pekat itu meluap ke Jalan Hasanudin, Dusun Beru. Sejumlah rumah warga terdampak tergenang air dan material lumpur.

Warga yang terdampak di Perum Griya Mas dua Kelapa Keluarga (KK) milik Arif dan Nova, lalu juga di RT 1 RW 6 sebanyak 6 KK. Yakni Wantoro, Suhar, Ridwan, Agus, Suwardi, dan Mashur.

Saat air menyusut, tim gabungan pun gotong royong membersihkan  material lumpur. Pembersihan dilakukan dengan disemprot menggunakan air oleh Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Batu.

Saat terjadi banjir luapan petugas Polres Batu menutup sementara jalur yang ada di sana. Sebab kendaraan tidak bisa melewati jalur tersebut.

Namun kini sudah dapat dilalui kembali, karena kondisi jalan sudah bersih. “Selanjutnya perlu dilakukan rekonstruksi Kali Paron,” tutup Agung.

Sementara itu beberapa hari terakhir saat hujan intensitas tinggi banjir luapan juga terjadi di kawasan tersebut. Sebelumnya memang Kali Paron menjadi langganan banji luapan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Agung SedayuBPBD Kota Batu Agung Sedayubanjir kota batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru