Revitalisasi Pasar Induk Among Tani Kota Batu Masuk 12 Minggu, Progres Lebih Cepat

Apr 08, 2022 18:42
Progres pembangunan Pasar Induk Among Tani Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)
Progres pembangunan Pasar Induk Among Tani Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)

JATIMTIMES - Progres revitalisasi Pasar Induk Among Tani di Kota Batu terus berjalan, saat ini sudah mencapai 4 persen. Presentase tersebut tergolong melebihi target.

Semula target hingga di pekan ke-12 ini seharusnya hanya 2,172 persen, tetapi sudah telah merealisasikan 4,247 persen. “Pada pekan 12, tadinya ditarget 2,172 persen, jadi ada percepatan 2 persen,” ungkap Deputy Project Manager PT Sasmito, Joko Suwarno.

Joko menambahkan, pembangunan pondasi tiang pancang telah berdiri di zona 2 dan 3. Saat ini progres pembangunan sudah memasuki tahap pengerjaan struktur bangunan.

Sedangkan untuk di zona 1 dan zona 4 masih belum terpasang karena terkendala keberadaan tiang listrik milik PLN. “Supaya tidak molor, kami melokalisir area di zona 1 yang bisa dipasangi tiang pancang,” tambah Joko.

Pihaknya menargetkan dalam 2,5 bulan ke depan, setidaknya pada akhir April seluruh pemasangan tiang pancang bisa dirampungkan. Sebab dalam pembangunan Pasar Induk Among Tani PT Sasmito mengerahkan sebanyak 189 orang.

Rencana awal, pembangunan Pasar Besar Kota Batu ditargetkan rampung selama 16 bulan. Namun, diperkirakan pembangunan bisa lebih cepat rampung selama 12 bulan.

Sementara itu Manager Unit Layanan Pengadaan PLN Kota Batu Dwi Sukris Widodo menambahkan, pemindahan tiang listrik masih dalam proses penganggaran. Sebab pencabutan tiang listrik merupakan keadaan di luar anggaran operasi pihak PLN.

“Kami harus lakukan pengajuan anggaran kepada Lembaga Pemantau Penyelenggara Pemerintah (LP3) Kota Malang dan masih proses,” kata Sukris.

Namun PLN  juga sudah meninjau ke lokasi serta mendata tiang-tiang yang harus dipindahkan agar sesuai dengan anggaran.

Sedang pembangunan Pasar Induk Among Tani Batu menggunakan dana APBN sebesar Rp 200 miliar. Pemenang lelang tender pekerjaan revitalisasi ini adalah PT. Sasmito dari Surabaya senilai Rp 151 miliar. Ada efisiensi anggaran Rp 49 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
pasar induk among taniRevitalisasi PasarPasar Besar Kota BatuPemkot Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru