337 Pendaftar Jalani Tes Masuk Beasiswa Teladan di UIN Maliki Malang

Apr 08, 2022 18:03
Tim UIN Maliki Malang yang melakukan pengawasan dalam seleksi jalur Beasiswa Teladan (Ist)
Tim UIN Maliki Malang yang melakukan pengawasan dalam seleksi jalur Beasiswa Teladan (Ist)

JATIMTIMES - Jalur masuk Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang bukan hanya melalui jalur SNMPTN, SPAN PTKIN ataupun jalur Mandiri, namun juga melalui jalur Beasiswa Teladan. Seleksi jalur Beasiswa Teladan dimulai Rabu (6/4/2022) hingga Jumat (8/4/2022).

Berbeda dengan seleksi beasiswa teladan yang ada pada umumnya, karena di kampus yang berlogo Ulul Albab ini memiliki distingsi yang khas. Pelaksanaan seleksi dilakukan secara online.

Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama (Kabiro AAKK) UIN Maliki Malang, Dr H Barnoto MPdI menyampaikan, bahwa saat ini memang sedang dilaksanakan seleksi mahasiswa baru jalur beasiswa teladan. 

Pelaksana dari kegiatan tersebut tentunya dari bagian akademik namun untuk tim seleksinya ditentukan sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing. Sesuai data yang ada bahwa pada seleksi jalur ini jumlah pendaftarnya adalah 337 orang. 

1

Hal itu terdiri dari lima bidang atau kategori, yakni Qiroatul Qutub sebanyak 53 orang, bidang Kesenian sebanyak 11 orang, bidang olahraga sebanyak 15 orang dan yang paling mendominasi jumlah pendaftarnya adalah kategori Tahfidzul Quran sebanyak 258 orang.

Barnoto menjelaskan, mekanisme pelaksanaan seleksi jalur beasiswa teladan tersebut bahwa pada hari pertama tes CBT, diisi dengan materi refrensi (psikotes) dan TPA Tes Potensi Akademik (TPA), hari kedua tes prestasi sesuai bidang kompetensi yang dimiliki oleh para pendaftar dan hari ketiga adalah interview yang langsung ditangani oleh para psikolog dari Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang.

Dengan adanya seleksi ini, pihaknya berharap dapat menjaring bibit-bibit unggul sebagai mahasiswa yang berprestasi sesuai dengan bidangnya masing-masing. Kedepan, juga diharapkan mereka yang terjaring dapat berkontribusi dalam mendukung dan membantu mewujudkan visi besar universitas, yakni menjadi kampus yang unggul dan bereputasi internasional.

"Oleh karena itu, salah satu usaha kita untuk mendapatkan bibit unggul yakni dengan jalur Beasiswa Teladan ini,"  pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
imam ahmadbeasiswa uin malangUIN MalangUIN Malikidinas pupr kediri

Berita Lainnya

Berita

Terbaru