Percepatan Vaksinasi Booster, Kota Malang Dapat Kiriman 8 Ribu Dosis Vaksin

Apr 07, 2022 20:09
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif saat ditemui di sentra vaksinasi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Malang (Polkesma), Kamis (7/4/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif saat ditemui di sentra vaksinasi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Malang (Polkesma), Kamis (7/4/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Kesehatan Kota Malang terus melakukan upaya-upaya sesuai prosedur kesehatan untuk melakukan percepatan vaksinasi sesuai dengan instruksi Presiden RI Joko Widodo. 

Salah satu upaya percepatan vaksinasi dengan menggenjot kegiatan vaksinasi dosis ketiga atau booster. Hal itu juga sebagai persiapan arus mudik lebaran yang akan berlangsung mulai 29 April hingga 8 Mei 2022. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif mengatakan, untuk menyukseskan percepatan vaksinasi booster, ketersediaan vaksin yang dimiliki oleh Dinas Kesehatan Kota Malang saat ini diklaim mencukupi.

"Vaksin booster itu insyaallah cukup. Kita itu meminta vaksin sesuai permintaan fasilitas layanan kesehatan (fasyankes). Jadi faskes kita kumpulkan berapa permintaannya, kemudian nanti kita minta ke provinsi," jelas Husnul kepada JatimTIMES.com, Kamis (7/4/2022). 

Pengiriman Vaksin Covid-19 dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur (Jatim) pun kata Husnul sudah berlangsung bertahap sejak Rabu (6/4/2022) malam. "Tadi malam datang sekitar 8.000 dosis Moderna sama AstraZeneca," terang Husnul. 

Lebih lanjut, Dinas Kesehatan Kota Malang juga mulai melakukan proses distribusi 8.000 dosis vaksin ke masing-masing fasyankes sejak Kamis (7/4/2022) ini. Masing-masing fasyankes mendapat kiriman vaksin sesuai dengan permintaan yang telah disetorkan kepada Dinas Kesehatan Kota Malang. 

"Distribusi ke fasyankes yang memberikan permintaan ada sekitar 38 fasyankes, itu vaksin khusus booster," ujar Husnul. 

Sementara itu, untuk persiapan arus mudik yang akan berlangsung mulai 29 April hingga 8 Mei 2022, pihaknya mengaku akan mengacu pada arahan dari Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, yakni sebelum mudik capaian vaksinasi booster sudah mencapai 30 persen. 

"Tadi Pak Wakapolda bilang kan 30 persen.  Kita sudah 27,29 persen, InsyaAllah Minggu ini 30 persen," ujar Husnul. 

Disinggung apakah nantinya pada saat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah capaian vaksinasi booster mencapai 40 persen, Husnul pun meyakini hal itu akan tercapai jika didukung dengan kemauan masyarakat untuk melengkapi vaksinasi dirinya hingga vaksin dosis ketiga. 

"Iya, insyaAllah (lebaran mencapai 40 persen)," pungkas Husnul. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
vaksin boostervaksin booster kota malangDinkes Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru