UB Terima Pendaftaran 5.125 Mahasiswa Jalur UTBK-SBMPTN dan Mandiri 2022, Catat Jadwalnya

Apr 07, 2022 16:29
Kampus Universitas Brawijaya (istimewa,)
Kampus Universitas Brawijaya (istimewa,)

JATIMTIMES - Universitas Brawijaya (UB) mensosialisasikan penerimaan mahasiswa melalui jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) dan Jalur Mandiri 2022, Kamis (7/4/2022).

Melalui Bincang Santai Bersama Pakar (BONSAI), di Ruang Jamuan Gedung Rektorat lantai 6, Sekretaris Direktorat Administrasi dan Layanan Akademik, Heri Prawoto mengatakan, pada jalur SBMPTN, kuota yang ditetapkan tahun ini sebanyak 30 persen atau sekitar 5.125. "Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan tahun lalu sebanyak 5.919," jelasnya.

Untuk dapat mengikuti jalur masuk melalui UTBK SBMPTN, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Persyaratan tersebut di antaranya, harus memiliki Akun LTMPT yang sudah permanen; Siswa SMA/MA/SMK/sederajat calon lulusan tahun 2022 harus memiliki Surat Keterangan Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 atau peserta didik Paket C tahun 2022 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2022).

Kemudian peserta harus memenuhi persyaratan lain, yakni peserta yang akan memilih prodi Saintek maka mengikuti TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Saintek; Peserta yang akan memilih prodi Soshum, maka mengikuti TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Soshum; dan peserta yang akan memilih prodi Campuran (Saintek dan Soshum), maka mengikuti TPS, Bahasa Inggris, TKA Saintek dan TKA Soshum.

Hasil UTBK hanya berlaku untuk penerimaan tahun akademik 2022 dan kemudian dilanjutkan dengan membayar biaya UTBK.

Pelaksanaan UTBK akan dilaksanakan dalam dua gelombang dengan rentang waktu 7 hari dan akaan dilaksanakan pada siang dan malam. Gelombang 1 simuaki pada 17 Mei hingga 23 Mei 2022 dan gelombang 2 pada 18 Mei 2022 hingga 3 Juli. "Untuk Seleksi UTBK dan SBMPTN ketentuannya masih sama seperti yang sebelumnya," jelasnya.

Sedangkan untuk Jalur Mandiri, kuota tahun ini merupakan yang terbanyak atau sekitar 50 persen dari total kuota yang disediakan. Jalur mandiri dibuka pendaftaran dan pembayaran online mulai 15 Maret hingga 29 April 2022. 

Pada tanggal tersebut, pendaftar juga diminta untuk mengisi biodata siswa. Kemudian pada 9 Mei sampai 14 Mei 2022, diisi dengan wawancara daring, khususnya yang memilih keuangan perbankan atau bidang minat perbankan.
Pada tanggal 14 Juni 2022, akan diumumkan hasil seleksi, yang dilanjutkan tanggl 17 Juni 2022 terkait penetapan UKT. 
Kemudian pembayaran UKT dilakukan mulai tanggal 19 Juni 2022.

"Yang berbeda pada tahun ini untuk Seleksi Mandiri, selain menggunakan prestasi akademik juga menggunakan prestasi non akademik dan nilai UTBK," pungkas Heri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Universitas Brawijayapendaftaran ubMahasiswa Brawijaya MalangSinopsis Ikatan Cinta RCTI 7 April 2022

Berita Lainnya

Berita

Terbaru