Aplikasi Siapel Dispendukcapil Kota Malang: Layanan Adminduk Semakin Mudah dan Cepat

Apr 06, 2022 19:41
Masyarakat Kota Malang beberapa waktu lalu ketika menunjukkan pengurusan administrasi kependudukan melalui Aplikasi Siapel Dispendukcapil Kota Malang. (Foto: Dispendukcapil Kota Malang for JatimTIMES)
Masyarakat Kota Malang beberapa waktu lalu ketika menunjukkan pengurusan administrasi kependudukan melalui Aplikasi Siapel Dispendukcapil Kota Malang. (Foto: Dispendukcapil Kota Malang for JatimTIMES)

JATIMTIMES - Dalam rangka memberikan pelayanan yang mudah, cepat, dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Malang membuka layanan secara online. 

Di mana, layanan online tersebut merupakan Aplikasi Sistem Informasi Aplikasi Pelayanan Elektronik (Siapel) Dispendukcapil Kota Malang. Untuk mengaksesnya pun cukup mudah. Hanya dengan membuka website siapel.malangkota.go.id. 

Melalui aplikasi layanan online yakni Siapel, masyarakat dapat mengetahui proses pengurusan dokumen administrasi kependudukan (adminduk) serta informasi adminduk dengan sangat transparan. Karena dapat dilacak atau ditelusuri sampai mana berkas adminduk masyarakat diproses. 

Dengan adanya Aplikasi Siapel Dispendukcapil Kota Malang ini, masyarakat akan lebih diberikan kemudahan, kecepatan dan dapat efisien waktu dalam pengurusan dokumen adminduk. Setidaknya terdapat lima layanan pengurusan dokumen adminduk dalam Aplikasi Siapel. 

Di antaranya, pertama akta pencatatan sipil yang meliputi akta kelahiran, kematian, perkawinan, dan perceraian. Kedua, pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik yang meliputi perekaman biometrik dan cetak KTP elektronik yang hilang atau rusak. Ketiga, pindah dokumen masuk keluar yang meliputi pelayanan surat pindah dan cetak dokumen pindah masuk. 

Keempat, permasalahan data yang meliputi sinkronisasi atau aktivasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK) jika data bermasalah saat pengurusan BPJS, Bank, maupun Surat Izin Mengemudi (SIM). Kelima, pengurusan Kartu Identitas Anak (KIA) yang meliputi cetak KIA baru, hilang maupun rusak. 

Di mana untuk mengakses kelima layanan pengurusan dokumen adminduk melalui Aplikasi Siapel tersebut masyarakat hanya diarahkan untuk memasukkan nomor WhatsApp (WA) serta kata sandi yang dibuat oleh masyarakat. 

Selain menggunakan Aplikasi Siapel, masyarakat juga bisa mendapatkan layanan pengurusan dokumen adminduk melalui nomor WhatsApp (WA) yang sesuai dengan pengurusan dokumen kependudukan yang akan dibuat. 

Untuk masyarakat yang memilih pengurusan dokumen adminduk melalui nomor WA, bisa mendapatkan deretan nomor WA tersebut dengan mengakses website: dispendukcapil.malangkota.go.id. Selain nomor WA, melalui website tersebut masyarakat juga dapat mengakses formulir dan persyaratan pengurusan adminduk lainnya. 

Sementara itu, berdasarkan pada Pasal 12 Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) RI Nomor 109 Tahun 2019 tentang Formulir dan Buku yang Digunakan dalam Administrasi Kependudukan menerangkan bahwa spesifikasi formulir pengajuan pelayanan pendaftaran kependudukan dan pencatatan sipil sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (1) huruf a formulir yang digunakan dalam pemanfaatan data dan dokumen kependudukan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 terdiri dari beberapa kriteria. 

Yakni, bahan baku Kertas HVS 80 gram ukuran A4 dengan jumlah satu rangkap, serta berwarna putih. Untuk dokumen yang dicetak menggunkan kertas HVS 80 gram A4 warna putih, ditandatangani dengan Tanda Tangan Elektronik (TTE) yang keasliannya dapat di scan dengan QR Code. 

Maka dokumen tersebut dinyatakan sah karena diterbitkan berdasarkan peraturan perundang-undangan. Adapun dokumen tersebut yaitu seluruh dokumen kependudukan kecuali pengurusan adminduk  KTP elektronik dan KIA.
 
Lebih lanjut, sebagai tindaklanjut dari pelaksanaan Pasal 19 ayat (6) Permendagri RI Nomor 104 Tahun 2019 tentang Pendokumentasian Administrasi Kependudukan menerangkan bahwa dalam hal dokumen kependudukan dengan format digital dan sudah ditandatangani secara elektronik dan KTP elektronik tidak memerlukan pelayanan legalisir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
larangan petasanDispendukcapil Kota Malanglumajang wani menang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru