Pertama dan Beda, Jakarta Fashion Week Diselenggarakan di Metaverse

Apr 06, 2022 12:51
Sumber gambar : instagram.com/@jfwofficiall
Sumber gambar : instagram.com/@jfwofficiall

JATIMTIMES - Jakarta Fashion Week  (JFW) membuat para pecinta fashion gempar. Pasalnya, tahun ini gelaran acara itu akan berjalan dengan format berbeda. 

Penikmat fashion akan disuguhi pengalaman tak terlupakan saat menikmati karya-karya desainer di dunia metaverse.

Jakarta Fashion Week diketahui telah hadir selama 15 tahun dengan misi yang masih sama, yaitu membawa desainer Indonesia dikenal di dunia. Berjalannya waktu, JFW pun mengikuti perubahan zaman dengan menghadirkan fashion show yang lebih digital.

JFW diketahui bekerja sama dengan WIR Group, kelompok perusahaan yang bergerak di bidang teknologi khususnya digital reality. JFW akan hadir di Metaverse Indonesia.

"Kami lihat zaman berubah. Metaverse diprediksi akan ada 5 tahun dari sekarang.btapi karena pandemi, jadi lebih cepat. Metaverse fashion coming up faster than we expected," ujar Svida Alisjahbana, CEO GCM Group dan chairman JFW, di sela penandatanganan nota kesepahaman kolaborasi WIR Group dan JFW, Selasa (5/4).

Pihak yang terlibat dalam garapan Jakarta Fashion Week Metaverse antara lain Gupta Sitorus, chief sales & marketing officer WIR Indonesia. Gupta menjelaskan bahwa nantinya JFW akan dihadirkan di exhibition center dan expo center di Metaverse Indonesia. Sayangnya,  tidak semua desainer berkesempatan untuk memperkenalkan karyanya.

"Akan sulit dan butuh waktu jika JFW kami pindahkan. Kita pilih beberapa desainer yang progresif, legendaris dan ada daya tarik," kata Gupta dalam kesempatan serupa. 

Namun, para penikmat fashion memiliki dua pendapat yang berbeda. Di sisi lain setuju akan usulan Gupta namun juga menyayangkan jika tak banyak desainer  yang mendapatkan kesempatan langka di acara Jakarta Fashion Week tersebut.

Acara JFW diselenggarakan dengan mengusung tema berbelanja secara langsung melalui virtual. Pasalnya, mereka juga menggaet platform belanja online terbesar di Asia Tenggara dan sangat fenomenal di berbagai negara terutama di Indonesia, yaitu Shopee, dengan berbasis Shopee Mall.

Sama seperti misinya, JFW di Metaverse diprediksi dapat menembus pasar internasional, terutama di bidang fashion.

JFW juga terus mengembangkan konsep O2O - Online to Offline melalui pendekatan see now buy now yang dapat kembali disimak dalam Ramadan Fashion Festival 2022 pada  7 April besok. 

Tidak hanya berfokus pada pagelaran mode. JFW berusaha mengembangkan industri mode secara menyeluruh dan berkelanjutan melalui program Indonesia Fashion Forward.

Sebagai informasi, metaverse adalah konsep kehidupan virtual. Metaverse bisa diakses dengan perangkat headset virtual reality, kacamata augmented reality, ponsel pintar dan sejumlah perangkat lain. Seseorang yang masuk metaverse akan diwakili avatar. Avatar-avatar ini bisa berinteraksi di metaverse layaknya berinteraksi di dunia nyata.

Metaverse sendiri merupakan dunia virtual yang penggunanya dapat mendapatkan berbagai manfaat seperti  berbelanja, bersosialisasi, mengambil bagian dalam kegiatan, berdagang, rekreasi dan belajar dalam realitas virtual tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Jakarta Fashion WeekmetaverseJFW 2022Rumah tangga Hotman Paris

Berita Lainnya

Berita

Terbaru