Harga Kripto Berjatuhan, Takut Kena Pajak?

Apr 06, 2022 10:46
sumber gambar : fullycrypto.com
sumber gambar : fullycrypto.com

JATIMTIMES - Sejak Rabu pagi (06/04/2022) harga kripto mendadak berjatuhan secara kompak. Bitcoin dan Ethereum jatuh dengan prosentase masing-masing yaitu 2,61% dan 4,72%.

Dilansir coinmarketcap.com, Ethereum merosot 4,72% ke posisi US$3.344 per keping. Selama sepekan terakhir, ethereum sudah jatuh 0,75%. Sedangkan bitcoin, melorot 2,61 persen ke level US$45.301 per keping. Sepekan terakhir, bitcoin sudah jatuh 3,88%.

Bernasib sama dengan Bitcoin dan Ethereum, Solana dan Cardano juga terjun bebas dengan masing-masing prosentase sebesar 4,40% dan 4,54%. Sekeping solana saat ini dibanderol US$125,17, dan sekeping cardano dihargai US$1,15.

Avalanche memiliki catatan lebih buruk lagi, tercatat terjun bebas 6,30% ke posisi US$89,86 per keping, dan XRP turun 2,24% ke level US$0,8079 per keping. Tak ketinggalan, BNB merosot 1,47% menjadi US$441,20 per keping.

Di antara 10 mata uang digital teratas, hanya terra yang berhasil bertahan di zona hijau. Itu pun, pertumbuhannya relatif tipis, yakni 0,57 persen ke level US$117,19 persen. Tetapi, dalam sepekan terra terangkat 9,83 persen.

Uang kripto masih dilarang sebagai alat bayar di Indonesia. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga tak masalah selama digunakan sebagai investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Di Indonesia sendiri pemerintah mulai mematok pajak pertambahan nilai (PPN) untuk penjualan dan pembelian aset kripto. Dalam aturannya menjelaskan bahwa pajak kripto dikenakan 0,1 persen-0,2 persen berlaku mulai Mei 2022 mendatang.

Aturan ini terdapat  dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 68/PMK.03/2022 tentang PPN dan Pajak Penghasilan (PPh) atas Transaksi Perdagangan Aset Kripto.

Pasal 5 beleid mengamanatkan PPN terutang harus diambil  dan disetor sebesar 1 persen dari tarif PPN dikali dengan nilai transaksi aset kripto dalam hal penyelenggara perdagangan lewat sistem elektronik merupakan pedagang fisik aset kripto.

Sebagai informasi Kriptografi sendiri merupakan metode yang digunakan untuk melindungi informasi dan saluran komunikasi melalui penggunaan kode. Konsep Kriptografi sebenarnya sudah dikenal sejak zaman Perang Dunia II. Kala itu, Jerman memakai kriptografi guna mengirimkan kode-kode rahasia agar tidak mudah terbaca oleh pihak sekutu. 

Penggunaan Kriptografi tersebut membuat penggunaan mata uang kripto tidak bisa dimanipulasi. Artinya, transaksi mata uang kripto tidak bisa dipalsukan. Pencatatan dari cryptocurrency atau mata uang kripto adalah biasanya terpusat dalam sebuah sistem yang disebut dengan teknologi blockchain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
aset kriptoberbagi makanan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru