Khalid Basalamah Perbolehkan dan Halalkan Warung Buka Siang Selama Ramadan

Apr 06, 2022 10:14
Ustaz Khalid Basalamah (Foto: YouTube)
Ustaz Khalid Basalamah (Foto: YouTube)

JATIMTIMES - Puasa Ramadan adalah ibadah yang wajib dikerjakan oleh setiap Muslim jika sudah akil baligh. Meski ibadah itu wajib, tapi ada beberapa kriteria orang yang dibolehkan untuk tidak puasa di bulan Ramadan. 

Sehingga banyak orang yang menjual makanan di siang hari saat puasa. Namun yang menjadi pertanyaan, bagaimana hukumnya jika ada warung atau seseorang yang menjual makanan di siang hari pada saat puasa Ramadan?

Ustaz Khalid Basalamah pun menjelaskan terkait hukum berjualan makanan di siang saat puasa Ramadan. Dikutip  dari kanal YouTube Back to Jannah, berjudul 'Hukum buka warung di siang Ramadhan-Ustadz Khalid Basalamah', sang ustaz menjelaskan hal tersebut. 

Awalnya, ada seorang jamaah yang bertanya kepada Ustaz Khalid "Bagaimana hukumnya orang yang buka warung pada siang hari di bulan Ramadan, apakah uang yang diterima itu haram?"

Menurut Ustaz Khalid Basalamah, berjualan di siang hari saat puasa dibolehkan bahkan tidak ada larangannya.

"Halal, nggak haram itu, karena bulan Ramadan nggak semuanya orang puasa. Ada wanita haid, ada wanita nifas, ada ibu hamil, kan tidak semuanya," jelas Ustaz Khalid Basalamah. 

"Kecuali kalau jelas antum punya hak sebagai penjual menolak," lanjut Ustadz Khalid Basalamah.

Misalnya saja ada orang yang tidak puasa tanpa adanya udzur syar'i maka penjual boleh bertanya dan menolaknya. Bahkan baiknya lagi orang yang hendak makan tanpa udzur syar'i diberi nasihat.

Pasalnya jika tidak ada yang jualan makanan di siang hari maka bagi orang yang punya udzur syar'i tidak akan bisa makan. Kendati demikian, Ustaz Khalid Basalamah mengatakan bahwa akan lebih aman jika menjual makanan pada malam hari. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
hukum puasapajak kriptoUstaz Khalid Basalamah

Berita Lainnya

Berita

Terbaru