Bantu Redakan Penyakit Encok dengan 5 Kebiasaan Ini, Salah Satunya dengan Puasa

Apr 06, 2022 09:21
Ilustrasi (Foto:https: osteopathycare.co.uk)
Ilustrasi (Foto:https: osteopathycare.co.uk)

JATIMTIMES - Seorang dokter sekaligus penggagas Jurus Sehat Rasulullah dr. Zaidul Akbar kali ini menyebut bahwa penyakit encok bisa diredakan atau diatasi dengan puasa.

Menurut dr. Zaidul Akbar, puasa sangat efektif meredakan peradangan sendi yang menyebabkan penyakit encok. Ada pula penerapan pola hidup sehat yang mesti terus dijaga, agar penyakit encok tak mudah kambuh.

"Memang terkesan remeh dan dianggap biasa. Namun, pada kenyataannya, encok sangat memengaruhi banyak aspek. Gejalanya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat kita tidak dapat menikmati waktu santai akibat nyeri yang ditimbulkannya," ujar dr. Zaidul Akbar dilansir dari Ramadan JSR, Rabu (6/4/2022). 

Encok sendiri adalah penyakit radang sendi yang disebabkan oleh tingginya asam urat dalam darah, atau hiperurisemia.

"Karena terlalu banyak, asam urat yang biasanya dikeluarkan tubuh melalui urin dan feses, justru mengeras dan membentuk kristal. Asam urat yang sudah mengkristal ini menumpuk pada sendi dan menyebabkan peradangan serta nyeri hebat. Gejala inilah yang kerap disebut sebagai encok," kata dr. Zaidul Akbar. 

Sama halnya dengan masalah kesehatan lain, encok merupakan penyakit yang mesti diwaspadai. Sebab, jika tak diobati, penyakit ini bisa menjadi kronis dan menyebabkan kerusakan jaringan sekitar sendi.

"Persendian yang paling sering mengalami encok adalah jempol kaki, pergelangan kaki, telapak kaki, dan lutut. Terkadang juga menyerang siku, jari tangan, pergelangan tangan, serta tulang belakang meskipun jarang," jelas dr. Zaidul Akbar.

dr. Zaidul Akbar pun memberikan 5 cara efektif untuk membantu mengobati encok yakni sebagai berikut:

1. Puasa
2. Hindari makanan jeroan
3. Hindari makanan seafood/makanan laut
4. Hindari minuman fruktosa
5. Hindari minuman alkohol.

"Cara paling utama dalam mengobati encok adalah, dengan memperbaiki gaya hidup menjadi gaya hidup sehat, terutama dalam hal makanan. Perbanyak makan sayur, buah, telur, dan sumber karbohidrat," terang dr. Zidul Akbar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
resep sehatresep sehat dr zaidul akbardr zaidul akbarwarung pedas

Berita Lainnya

Berita

Terbaru