JatimTIMES dan BI Malang: Perubahan Zaman Memang Harus Diikuti

Apr 05, 2022 18:38
Kakanwil BI Malang Samsun Hadi (tengah) saat menerima cindera mata dari Direktur JatimTIMES Network Lazuardi Firdaus (kanan) dan General Manager JatimTIMES Heriyanto (kiri) saat berkunjung ke Kantor BI Malang, Selasa (5/4/2022). (Foto: Pipit Anggraeni/JatimTIMES)
Kakanwil BI Malang Samsun Hadi (tengah) saat menerima cindera mata dari Direktur JatimTIMES Network Lazuardi Firdaus (kanan) dan General Manager JatimTIMES Heriyanto (kiri) saat berkunjung ke Kantor BI Malang, Selasa (5/4/2022). (Foto: Pipit Anggraeni/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pandemi covid-19 yang berlangsung dua tahun lebih ini memang cukup memberikan pengaruh pada dunia digital. Berbagai penelitian menyebut jika aktivitas digital masyarakat mengalami peningkatan cukup signifikan.

Bukan hanya aktivitas belanja saja, kegiatan mencari informasi pun semakin pesat memanfaatkan media digital. Kondisi itu nyatanya banyak mendapatkan perhatian berbagai kalangan. Terutama mengenai mudahnya informasi yang berseliweran diberbagai platform seperti media sosial.

Dengan pesatnya kondisi itu, media mainstream memang dituntut lebih peka dalam menyebarkan informasi dan mengedukasi masyarakat. Media online yang kini juga telah menjamur dan menjadi jujugan masyarakat pun diharapkan bisa menjembatani dan meminimalisir informasi yang tidak benar.

"Tantangan media saat ini memang tidak mudah," kata Kepala Kantor Wilayah Bank Indonesia (BI) Malang, Samsun Hadi saat dikunjungi Manajemen JatimTIMES, Selasa (5/4/2022).

Dalam kondisi yang serba terbuka seperti sekarang, menurutnya setiap elemen memang harus siap dengan segala perubahan yang terjadi. Tanpa kecuali dengan keberadaan media online untuk menyebarluaskan dan mendapatkan informasi.

"Sekarang zamannya memang serba digital. Semuanya bisa dilakukan hanya menggunakan smartphone. Apalagi anak muda, yang tak pernah lepas dari gadget tapi tetap bisa mendapat informasi dengan mudah," tambah Samsun.

IMG-20220405-WA00043bf85fc36a1c992a.jpg

Keberadaan JatimTIMES sebagai media besar di Jawa Timur, khususnya Malang Raya ini pun ia harapkan bisa terus memberikan pengaruh positif kepada masyarakat. 
Dengan setiap produk yang dimiliki JatimTIMES, juga diharapkan bisa mengedukasi masyarakat dari berbagai segmen usia dan kalangan.

Karena kualitas pemberitaan menurutnya adalah yang paling utama. Sehingga kepercayaan masyarakat atas informasi yang beredar bisa tetap dijaga dan ditingkatkan.

"Sebagai media tentu harus terus mengungkapkan akurasi, terlebih dengan adanya perubahan zaman seperti sekarang," tambah Samsun.

Direktur JatimTIMES Network Lazuardi Firdaus pun mengungkapkan jika JatimTIMES sebagai media online besar di Jawa Timur terus berupaya menyuguhkan informasi yang akurat dan berkualitas. Sebagaimana tugas penting media, maka JatimTIMES berkomitmen turut menjadi pilar demokrasi.

Salah satunya dengan terus mengikuti perubahan zaman yang ada. Sehingga informasi yang ada bisa diterima dari berbagai kalangan masyarakat dan usia. Karena selain produk berita yang berupa tulisan, JatimTIMES juga memiliki produk berita dalam bentuk video hingga podcast.

"Zaman sudah berubah, kebutuhan dan cara mendapatkan informasi terus berevolusi. Sehingga untuk menyebarkan informasi maupun mengedukasi masyarakat kami memiliki banyak platform. Berita paling utama, dan itu ditunjang dengan berbagai media sosial seperti TikTok, Instagram, Twitter, Facebook, dan YouTube," jelas Firdaus.

IMG-20220405-WA00056258445768945917.jpg

Setiap informasi yang dikemas melalui media sosial dan sederet platform lain itu pun telah mendapatkan respons positif dari masing-masing generasi. Semisal seperti TikTok, di mana konten sejarah yang mengedukasi menjadi salah satu produk yang banyak dicari.

Selain itu, ulasan mengenai wisata hingga UMKM yang dikemas menarik pun cukup memberikan pengaruh. Sehingga secara tidak langsung juga menjadi upaya untuk menggerakkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi melalui produk yang dikemas JatimTIMES.

General Manajer JatimTIMES Network Heriyanto menambahkan, setiap produk yang disuguhkan JatimTIMES memang memiliki segmentasi yang berbeda. Sehingga kemasannya pun selalu disesuaikan untuk bisa menyampaikan pesan agar tersampaikan kepada pembaca.

Terlebih, JatimTIMES kini sudah memiliki 28 kantor di setiap daerah di Jawa Timur. Di mana masing-masing telah kokoh dengan manajemennya masing-masing. Sehingga setiap potensi yang ada di setiap daerah bisa dimunculkan.

"Nilai dan tujuan utama kami memang untuk mengangkat semangat dan potensi daerah agar dikenal nasional," terang Heri.

Sementara itu, dalam kunjungan tersebut, manajemen JatimTIMES yang diwakili Direktur JatimTIMES Network Lazuardi Firdaus, General Manager JatimTIMES Network Heriyanto, Manager Iklan Lyla Nur Ratri, dan Editor Pipit Anggraeni menyampaikan selamat datang dan selamat bertugas kepada Samsun Hadi yang baru saja resmi menjabat Kakanwil BI Malang. Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan cindera mata berupa desain grafis yang telah dicetak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
panji corp uLazuardi Firdausheriyanto

Berita Lainnya

Berita

Terbaru