Cara Cegah Lemas saat Berpuasa Ala Dosen Gizi, Ibadah Jadi Lebih Tenang

Apr 05, 2022 09:59
Ilustrasi. (Foto : Whileyouweresleepingn.com).
Ilustrasi. (Foto : Whileyouweresleepingn.com).

JATIMTIMES - Menjalankan puasa tentunya tidak luput dari rasa lemas, haus dan lapar. Namun, tahukah kalian jika kita dapat mencegah rasa lemas itu, sehingga tidak menjadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan.

Dosen Jurusan Gizi Poltekes Kemenkes Gorontalo Ayu Bulan mengungkapkan, mempersiapkan sahur dengan baik dan benar akan mencegah rasa lemas lebih baik saat berpuasa. Ia menuturkan bahwa sahur merupakan suatu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan.

Untuk menjaga kebugaran dan rasa semangat saat beraktivitas di bulan puasa ini, maka perlu menjaga pola makan saat sahur dengan cara menyiapkan menu pilihan yang tepat. Hal itu bertujuan untuk menjaga kebutuhan tubuh selama kurang lebih 12 jam saat berpuasa.

“Setelah menjalankan sahur tentunya tubuh akan memiliki glikogen atau cadangan energi untuk menjaga agar tidak lemas. Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah mengindari makanan instan atau kalengan dan double karbo,” ujarnya pada JatimTIMES, Selasa (05/04/2022).

Makanan instant sendiri merupakan pilihan menu yang salah. Sebab, makanan instant sangat sulit dicerna oleh tubuh dan membutuhkan waktu yang lama untuk proses pencernaannya sendiri. Sehingga hal ini dapat menyebabkan pemborosan energi pada tubuh. Sehingga tubuh akan kesulitan mempersiapkan cadangan energi untuk mencegah lemas saat berpuasa.

Dr. Ayu Bulan menyarankan untuk mengonsumsi makanan kering seperti teri, abon, kentang dan tempe, karena diketahui sangat bagus untuk tubuh. Selain itu nasi goreng yang lengkap dengan serat seperti sayuran juga sangat baik untuk mencegah tubuh lemas saat berpuasa.

Selain itu, jika tidak ingin merasa lemas saat berpuasa maka perlu menghindari makanan yang mengandung terlalu banyak garam. Kandungan dari garam sendiri dapat menyebabkan tubuh lebih mudah haus dan merasa letih.

Untuk mengatasi kekurangan cairan saat berpuasa maka perlu memenuhi cairan pada tubuh dengan meminum air putih, susu rendah lemak, Sari kacang hijau dan jus buah tanpa gula. Sebagai informasi, makanan yang mengandung terlalu banyak gula justru akan membuat tubuh kita mudah merasa lemas. Hal ini dikarenakan gula dapat membuat kita kencing lebih sering, hal ini tentunya akan membuat tubuh anda lemas saat berpuasa nanti.

Kebanyakan orang juga mengira jika makanan double karbo baik untuk sahur karena mengandung dua kali lipat karbohidrat. Hal ini justru keliru dan akan menyebabkan berat badan naik secara drastis. Dianjurkan saat sahur tidak terlalu banyak karbo. Karena akan meningkatkan kadar glukosa darah secara cepat dan tinggi. Produksi insulin tinggi untuk menurunkan kadar glukosa tersebut. Ini membuat tubuh lemas. Selain itu juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
lemas saat berpuasahindari lemas saat puasadr ayu bulanbulan puasadr ayu bulan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru