Ibadah Puasa Ada Kelonggaran, Wali Kota Batu Tetap Tak Perbolehkan Ada Buka Bersama dan Safari Ramadan

Apr 02, 2022 20:29
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)

JATIMTIMES - Untuk ketiga kalinya bulan suci Ramadan kembali dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Meski ada kebijakan kelonggaran dalam menjalankan ibadah puasa, namun Pemkot Batu tetap tidak memperbolehkan digelarnya buka bersama dan safari Ramadan.

“Meskipun untuk menjalankan ibadah puasa sudah normal tapi menerapkan protokol kesehatan ketat, acara buka bersama dan safari Ramadan tidak boleh dilakukan,” ucap Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko.

Mengapa acara buka bersama dan safari Ramadan belum diperbolehkan digelar, lantaran saat ini masih dalam Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Karena itu Dewanti meminta kepada warganya untuk fokus meningkatkan ibadah.

“Mari kita fokus dan meningkatkan ibadah yang wajib terlebih dahulu, terlebih kondisi saat ini juga masih memprihatinkan,” tambah Dewanti.

Dewanti menambahkan, bagi warganya yang ingin mudik dianjurkan untuk melakukan vaksinasi dosis ketiga. Selain itu, menurutnya bisa atau tidak dilakukan mudik ditentukan oleh kekompakan masyarakat dalam menerapkan prokes ketat selama bulan Ramadan.

“Insya Allah mudik tahun ini bisa kita rasakan bersama-sama,” jelas Dewanti yang juga istri Eddy Rumpoko ini.

Menurut Dewanti beberapa ketentuan yang diterapkan bagi warga Kota Batu selama bulan Ramadan tahun 2022 ini lebih longgar dibandingkan tahun 2021 lalu. Lantaran ibadah di bulan Ramadan sudah bisa dilaksanakan secara normal.

Sementara itu, ibadah salat tarawih bisa dilaksanakan di seluruh tempat ibadah. Hanya tetap memberlakukan protokol kesehatan dengan ketat mengingat masih di tengah pandemi Covid-19.

Meskipun ada kelonggaran, namun Dewanti meminta warga tidak lengah. “Tetap lakukan protokol kesehatan saat melaksanakan ibadah selama satu bulan Ramadan ini. Kalau itu bisa kita jaga,” tutup Dewanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
amil zakat baitul maal amanahPemkot BatuSafari RamadanBuka Bersama

Berita Lainnya

Berita

Terbaru