Ciri-ciri Orang yang Selalu Dikejar-kejar Rizki, Termasuk Kamu?

Apr 01, 2022 09:49
Ilustrasi ciri orang yang dikejar-kejar rezeki (pixabay)
Ilustrasi ciri orang yang dikejar-kejar rezeki (pixabay)

JATIMTIMES - Setiap orang memang memiliki garis takdirnya masing-masing, baik itu rezeki, jodoh dan kematian. Semua hal tersebut sudah diatur oleh sang pencipta. Tetapi mungkin sebagian besar orang sudah berupaya keras untuk mengais rizki, akan tetapi terkadang kerja keras itu belum tentu mendapatkan apa yang diinginkan.

Disisi lain, terdapat beberapa golongan orang yang dikejar rizki dari manapun asalnya dan itu kadang tanpa mereka meminta. Akan tetapi kembali lagi,  sebenarnya setiap orang telah dijamin rizkinya oleh Allah SWT.

Diulas dari Channel Tafakkur Fiddin, terdapat beberapa ciri orang yang dikejar-kejar rizki. Ciri yang pertama adalah orang yang suka bersedekah. Sedekah merupakan salah satu amalan yang sangat terpuji dan sangat dianjurkan. Hal ini karena dengan memberikan sedikit harta dan penghasilan yang didapat, akan membantu orang lain.

Disitu, Allah akan mengganti sedekah seseorang yang dilakukan dengan ikhlas baik di dunia maupun di akhirat. Hal ini juga dijelaskan dalam firman-nya, "Perumpamaan nafkah yang dikeluarkan oleh orang-orang yang menafkahkan hartanya dijalan Allah, adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir yang pada tiap-tiap bulir 100 biji. Allah melipatgandakan ganjaran bagi siapa saja yang dikehendaki dan Allah maha luas karunia-nya lagi maha mengetahui" (QS Al-baqarah ayat 216).

Ciri kedua adalah orang yang gemar bersyukur. Bersyukur adalah hal yang harus dilakukan oleh setiap muslim. Sebab, nikmat dan karunia Allah yang telah diberikan kepada manusia sangat banyak.

Bersyukur haruslah dilakukan dalam kondisi apapun, baik saat mendapatkan rizki berupa harta benda kesehatan bahkan dalam kondisi diuji dengan sakit maka manusia harus bersyukur. Dengan begitu, Allah SWT akan menambah nikmat dengan kuasanya sehingga penyakit yang dimiliki akan terangkat.

Allah berfirman, "Dan ingatlah juga (tatkala) tuhanmu memaklumkan: sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti kami akan menambah nikmat kepadamu dan jika kamu mengingkari nikmat ku maka sesungguhnya azabku sangat pedih" (QS Ibrahim ayat 7).

Ciri yang ketiga adalah orang yang sering beristighfar. Istighfar adalah selalu menyadari akan kesalahan ataupun dosa yang telah dibuat. Lantas apa hubungannya dengan dikejar rizki?.

Dalam Quran surat hud ayat 3, Allah SWT berfirman: "dan hendaklah kamu meminta ampun kepada tuhanmu dan bertaubat kepadanya, (jika kamu mengerjakan yang demikian) niscaya dia akan memberi nikmat yang baik terus menerus kepadamu sampai ke pada waktu yang telah ditentukan,dan dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya, jika kamu berpaling maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat".

Ciri yang keempat, adalah orang yang suka berdoa dan berusaha. Berusaha dan berdoa merupakan sebuah hal yang satu paket dan tak bisa dipisahkan saat seseorang meminta permohonan kepada Allah. Sehingga sangat mustahil jika terdapat orang yang hanya berdoa saja tanpa melakukan usaha akan mendapatkan apa yang ia inginkan, begitupun sebaliknya.

Terdapat sebuah ungkapan "man Jadda wajada", yang artinya: Barang siapa yang bersungguh-sungguh akan menemukan hasil yang diinginkan.

Ciri kelima adalah orang yang selalu bertawakal kepada Allah SWT. Tawakal adalah menyerahkan diri dan menyandarkan hatinya kepada Allah. Orang yang tawakal, tentunya merupakan orang yang sangat yakin seyakin-yakinnya bahwasanya hanya Allah SWT saja yang dapat memberikan nikmat ataupun rizki kepada setiap manusia dan seluruh jagat raya seisinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
ciri orang dikejar rizkicara dikejar rizkicara mendapat rizkicara mendapat rizki

Berita Lainnya

Berita

Terbaru